PENINGKATAN KAPASITAS BISNIS MELALUI RE-DESAIN KEMASAN DAN PEMAKAIAN IMPULSE SEALER

Siahaan, Sabda Dian Nurani and Saragih, Lenti Susanna and Ulgari, Siti and Sitompul, Haryani Pratiwi (2023) PENINGKATAN KAPASITAS BISNIS MELALUI RE-DESAIN KEMASAN DAN PEMAKAIAN IMPULSE SEALER. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan, 13 September 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (837kB)

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bisnis keripik nanas kelompok
Maju Tani di Desa Boangmanalu Kecamatan Salak. Permasalahan yang dihadapi
kelompok ini adalah keripik nanas kurang diminati dan mudah masuk angin.
Penanganan terhadap masalah ini urgent dilakukan karena mereka adalah kelompok
produktif “petani berbasis Kewirausahaan” (petani preneur) yang sangat potensial.
Mereka adalah petani yang berusaha meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri,
sekreatif mungkin mengolah hasil pertanian mereka menjadi produk yang bernilai
ekonomis dengan keterbatasan yang mereka miliki. Jika permasalahan usaha ini terjadi
terus menerus maka dikhawatirkan akan berdampak kepada menurunnya pendapatan
usaha dan tidak menutup kemungkinan kepada kegagalan usaha. Solusi yang akan
dilaksanakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah memperbaharui kemasan
keripik nanas dan memberikan alat Impulse Sealer. Solusi tersebut sudah direalisasikan
melalui kegiatan pengabdian yang sudah dilaksanakan pada 3 Agustus 2023. Pada
kegiatan tersebut, tim PKM membantu mitra menghasilkan desain kemasan baru dan
menambah jenis ukuran kemasan. Desain kemasan baru yang dihasilkan lebih menarik
dari sebelumnya. Pada kemasan baru juga terlihat perubahan nama produk menjadi
Keripik Nanas Pakpak, yang sebelumnya adalah Keripik Nanas. Pemakaian kata
Pakpak agar para konsumen mengetahui daerah asal produk ini. Pemakaian Impulse
Sealer juga membuat kemasan keripik merekat dan tidak ada celah untuk masuk angin.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Keripik Nanas; Re-Desain Kemasan; Impulse Sealer; Kelompok Tani; Pakpak Bharat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB221 Price
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:10
Last Modified: 24 Apr 2024 06:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55382

Actions (login required)

View Item
View Item