Valentino, Joshua (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project based learning Terhadap Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Pada Siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192431001_Cover.pdf
Download (40kB)
5192431001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (513kB)
5192431001_Kata_Pengantar.pdf
Download (131kB)
5192431001_Abstrak.pdf
Download (145kB)
5192431001_Daftar_Isi.pdf
Download (63kB)
5192431001_Daftar_Tabel.pdf
Download (76kB)
5192431001_Daftar_Gambar.pdf
Download (72kB)
5192431001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (76kB)
5192431001_BAB_I.pdf
Download (153kB)
5192431001_BAB_V.pdf
Download (110kB)
5192431001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (200kB)
Abstract
Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini (1) bagaimana hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran project based learning dan creative problem solving?, (2) apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dari model creative problem solving?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut sehingga tujuan dalam penelitian yaitu (1) untuk mendapatkan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan perlakukan dari model pembelajaran project based learning dan creative problem solving (2) untuk dapat mengetahui apakah hasil belajar model pembelajaran project based learning lebih
tinggi dari pada hasil belajar dari model pembelajaran creative problem solving Jenis penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan pengambilan sampel secara acak. Pada penelitian ini populasi penelitiannya yaitu peserta didik kelas XI TITL SMKN 14 Medan. Adapun sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu peserta didik di kelas XI TITL 1 sebanyak 32 peserta didik yang dijadikan kelompok eskperimen yang mendapatkan pola pembelajaran project based learning dan kelas XI TITL 2 sebanyak 32 peserta didik yang dijadikan kelompok kontrol. Jenis instrumen soal yang dipakai yaitu berbentuk pilihan ganda
sebanyak 25 soal. Berdasarkan hasil penelitian bahwa skor mean pre test di kelompok eksperimen dengan skor 41,13 sedangkan di kelompok kontrol dengan skor 39,88. Pada skor mean hasil belajar post test pada kelas eksperimen mendapatkan hasil sebesar 76,13 sedangkan skor mean pada kelompok kontrol sebesar 65,38. Berdasarkan hasil uji analisis persyaratan bahwa data sampel pada kedua kelompok
yaitu kelompok eksperimen dan juga kontrol memiliki distribusi data normal dan memiliki varians yang serupa atau sama sehingga dapat menggunakan rumus independent sample t untuk menguji hipotesis statistik adapun data didapat pada uji independent sample t nilai thitung = 3,571 dan nilai ttabel=1,671. Sehingga kedua nilai t tersebut dibandingkan sehingga nilai ttabel < thitung atau 1,671<3,571. Berdasarkan analisis uji t tersebut maka Ha diterima yaitu : “rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran project based learning lebih
tinggi dari pada hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project based learning; Creative problem solving; hasil belajar; Internet of Things |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 01:55 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55381 |