Annastasya, Ira Puji (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak di SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183151027_Cover.pdf
Download (179kB)
5183151027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (272kB)
5183151027_Kata_Pengantar.pdf
Download (420kB)
5183151027_Abstrak.pdf
Download (320kB)
5183151027_Daftar_Isi.pdf
Download (207kB)
5183151027_Daftar_Tabel.pdf
Download (177kB)
5183151027_Daftar_Gambar.pdf
Download (176kB)
5183151027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (176kB)
5183151027_BAB_I.pdf
Download (335kB)
5183151027_BAB_V.pdf
Download (345kB)
5183151027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (319kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, uji efektivitas siswa pada E-Modul pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak di SMK Negeri 14 Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Negeri 14 Medan. Prosedur penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) dengan memakai model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner. Media yang dikembangkan divalidasi oleh 2 ahli materi,2 ahli media, dan 2 ahli modul dan dijalankan uji coba efektivitas siswa yang dijalankan
kepada 25 siswa kelas X RPL SMK Negeri 14 Medan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dijalankan pada uji kelayakan pada modul yang dikembangkan dalam hal materi mempunyai hasil skor sejumlah 4,23 dengan kategori Sangat Layak. Adapun hasil dari uji kelayakan pada modul yang
dikembangkan dalam hal modul mempunyai hasil skor sejumlah 3,85 dengan kategori Layak. Adapun hasil dari uji kelayakan pada media yang dikembangkan dalam hal media mempunyai hasil skor sejumlah 4,38 dengan kategori Sangat Layak. Adapun Hasil dari uji akseptabilitas penggunaan produk yang
dikembangkan dalam hal akseptabilitas penggunaan produk mempunyai nilai persentase sejumlah 89% dengan kategori Sangat Layak. Hasil nilai rata-rata Normalitas Gain sejumlah 0,80 dengan persentase tingkat efektivitas sejumlah 80%
dengan kategori “Efektif”. E-Modul sudah terbukti efektif dalam mendorong hasil belajar siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak pada materi Cascading Style Sheet mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Oleh karena itu bisa diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan E-Modul Berbasis web pada mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak pada proses pembelajaran dinyatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran dan mendorong hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul; Berbasis Web; Pemrograman Web; Perangkat Bergerak |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 01:23 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 01:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55370 |