Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak di SMK Negeri 14 Medan

Annastasya, Ira Puji (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak di SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183151027_Cover.pdf] Text
5183151027_Cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 5183151027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183151027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 5183151027_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183151027_Kata_Pengantar.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 5183151027_Abstrak.pdf] Text
5183151027_Abstrak.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 5183151027_Daftar_Isi.pdf] Text
5183151027_Daftar_Isi.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 5183151027_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183151027_Daftar_Tabel.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 5183151027_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183151027_Daftar_Gambar.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 5183151027_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183151027_Daftar_Lampiran.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 5183151027_BAB_I.pdf] Text
5183151027_BAB_I.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 5183151027_BAB_V.pdf] Text
5183151027_BAB_V.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 5183151027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183151027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, uji efektivitas siswa pada E-Modul pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak di SMK Negeri 14 Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Negeri 14 Medan. Prosedur penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) dengan memakai model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner. Media yang dikembangkan divalidasi oleh 2 ahli materi,2 ahli media, dan 2 ahli modul dan dijalankan uji coba efektivitas siswa yang dijalankan
kepada 25 siswa kelas X RPL SMK Negeri 14 Medan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dijalankan pada uji kelayakan pada modul yang dikembangkan dalam hal materi mempunyai hasil skor sejumlah 4,23 dengan kategori Sangat Layak. Adapun hasil dari uji kelayakan pada modul yang
dikembangkan dalam hal modul mempunyai hasil skor sejumlah 3,85 dengan kategori Layak. Adapun hasil dari uji kelayakan pada media yang dikembangkan dalam hal media mempunyai hasil skor sejumlah 4,38 dengan kategori Sangat Layak. Adapun Hasil dari uji akseptabilitas penggunaan produk yang
dikembangkan dalam hal akseptabilitas penggunaan produk mempunyai nilai persentase sejumlah 89% dengan kategori Sangat Layak. Hasil nilai rata-rata Normalitas Gain sejumlah 0,80 dengan persentase tingkat efektivitas sejumlah 80%
dengan kategori “Efektif”. E-Modul sudah terbukti efektif dalam mendorong hasil belajar siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak pada materi Cascading Style Sheet mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Oleh karena itu bisa diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan E-Modul Berbasis web pada mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak pada proses pembelajaran dinyatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran dan mendorong hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul; Berbasis Web; Pemrograman Web; Perangkat Bergerak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:23
Last Modified: 24 Apr 2024 01:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55370

Actions (login required)

View Item
View Item