LUBIS, HILMY MUYASSAR (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Dwi Warna Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5163131017_Cover.pdf
Download (53kB)
5163131017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (939kB)
5163131017_Kata_Pengantar.pdf
Download (158kB)
5163131017_Abstrak.pdf
Download (194kB)
5163131017_Daftar_Isi.pdf
Download (94kB)
5163131017_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
5163131017_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
5163131017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (98kB)
5163131017_BAB_I.pdf
Download (353kB)
5163131017_BAB_V.pdf
Download (183kB)
5163131017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (134kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui : (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Software Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Dwi Warna Medan; (2) Untuk mengetahui apakah media pembelajaran interaktif menggunakan Software Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik layak digunakan di SMK Dwi Warna Medan ?;
(3)Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif menggunakan Software Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Dwi Warna Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada Juni 2023 di SMK Dwi Warna Medan dengan subjek penelitian pengembangan adalah Kelas XI TITL. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah pengembangan : (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Uji Coba, (5) Penerapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaksi dengan Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik kelas XI SMK Swasta Dwi Warna Medan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang meliputi Analisis (Analyze), Perencanaan (Design),
Pengembangan (Development), Impelementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation) yang sudah disesuaikan sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan penelitian yang pada akhirnya menjadi Analisis (Analyze), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development) yang berisi kompetensi pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik; (2) Kevalidan media pembelajaran berdasarkan penilian dari validator I mendapat skor meansebesar 3,3 dengan predikat “Sangat Layak”,dan dari Validator II didapatkan skor sebesar 3,1 dengan predikat “Sangat Layak”.Kevalidan materi pembelajaran
berdasarkan penilian dari validator I mendapat skor mean sebesar 3,7 dengan predikat “Sangat Layak”, dan dari Validator II mendapat skor sebesar 3,5 dengan predikat
“Sangat Layak”. (3) Karena keterbatasan waktu penelitian, maka untuk melaksanakan pengembangan media yang subjeknya adalah siswa kelas XI TITL tidak dapat dilanjutkan. Untuk itu diharapkan kepada peneliti dimasa depan untuk dapat
melaksanakan penelitian lebih lanjut tentang pengembangan media yang subjeknya adalah siswa. Media pembelajaran interaktif Instalasi Penerangan Listrik sebaiknya
diimplementasikan secara berkelanjutan pada proses pembelajaran di sekolah. Perlu dilakukan penelitian lanjut untuk mengetahui efektivitas dari media pembelajaran yang
telah diteliti ini untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif; Adobe Flash CS6; Instalasi Penerangan Listrik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 08:46 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55357 |