ARMANSYAH, HERU (2023) Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Untuk Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192421003_Cover.pdf
Download (157kB)
5192421003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (787kB)
5192421003_Kata_Pengantar.pdf
Download (248kB)
5192421003_Abstrak.pdf
Download (204kB)
5192421003_Daftar_Isi.pdf
Download (194kB)
5192421003_Daftar_Tabel.pdf
Download (236kB)
5192421003_Daftar_Gambar.pdf
Download (233kB)
5192421003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (208kB)
5192421003_BAB_I.pdf
Download (414kB)
5192421003_BAB_V.pdf
Download (276kB)
5192421003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (242kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul elektronik pada mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin kelas X TP SMK, (2) mengetahui tingkat kelayakan modul elektronik pada mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin kelas X TP SMK dan (3) mengetahui efektivitas
penggunaan produk modul elektronik dalam meningkatkan capaian hasil belajar mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin kelas X TP SMK. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Dick and Carry yaitu ADDIE. Prosedur pengembangan meliputi 1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development
(Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek uji coba lapangan sebanyak 34 peserta didik kelas X TP SMK Negeri 14 Medan. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian, angket respon, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik permesinan dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar disekolah dengan perolehan rata-rata skor ahli materi 1 sebesar 89,39%, ahli materi 2 sebesar 91,66% lalu perolehan rata-rata skor ahli media 1 sebesar 92,59%, dan perolehan rata-rata skor ahli media 2 sebesar 88,88% perolehan rata-rata skor uji coba kelompok kecil sebesar 83,02% dan respon peserta sebagai pengguna sebesar 95,55% sehingga kelayakan modul elektronik sejarah yang dikembangkan masuk kedalam kategori “sangat baik”.
Keefektifan modul elektronik permesinan dianalisis berdasarkan hasil pre test dan post- test, diperoleh bahwa nilai pre-test lebih rendah dibanding post test masing-masing diperoleh 41 dan 81. Persentase N-Gain yang didapatkan adalah 68% dengan kategori “cukup efektif”. Melalui hasil penilaian kelayakan dan keefektifan tersebut diperoleh hasil bahwa produk modul elektronik permesinan untuk kelas X TP SMK Negeri 14 Medan sangat layak dan cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran dasar perancangan teknik mesin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan bahan ajar; modul elektronik; pengetahuan jenis bahan teknik; permesinan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 08:33 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55353 |