Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Desain Busana Di SMK Negeri 1 Siatas Barita

LUMBANTOBING, HANNA ERICA YOSEVINE (2023) Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Desain Busana Di SMK Negeri 1 Siatas Barita. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183143016_Cover.pdf] Text
5183143016_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 5183143016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183143016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of 5183143016_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183143016_Kata_Pengantar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 5183143016_Abstrak.pdf] Text
5183143016_Abstrak.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 5183143016_Daftar_Isi.pdf] Text
5183143016_Daftar_Isi.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 5183143016_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183143016_Daftar_Tabel.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 5183143016_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183143016_Daftar_Gambar.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 5183143016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183143016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 5183143016_BAB_I.pdf] Text
5183143016_BAB_I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 5183143016_BAB_V.pdf] Text
5183143016_BAB_V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 5183143016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183143016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran desain busana tanpa pembelajaran e-learning berbasis google classroom di kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Siatas Barita. 2) Untuk mengetahui hasil
belajar siswa mata pelajaran desain busana dengan pembelajaran e-learning berbasis google classroom di kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Siatas Barita. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar desain busana di kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Siatas Barita Tahun Ajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini berjumlah 64 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu 32 siswa kelas XI TB-1 sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas TB-2 sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 40 soal dengan lima pilihan. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji kecenderungan, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t).
Hasil penelitian ini adalah hasil belajar desain busana tanpa menggunakan pembelajaran e-learning berada pada kategori rendah (0,635%) dan hasil belajar desain busana menggunakan pembelajaran e-learning berada pada kategori cukup (0,50%). terdapat pengaruh pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran desain busana dalam materi menerapkan desain gaun sesuai dengan konsep kolase pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Siatas Barita. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik yaitu diperoleh �ℎ����� = 36,39 dan ������ = 1,669 dengan α = 0.05 dan dk= 62 sehingga �ℎ����� > ������ atau 36,39 > 1,669.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran E-Learning; Hasil Belajar; Desain Busana; SMK Negeri 1 Siatas Barita
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:17
Last Modified: 23 Apr 2024 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55348

Actions (login required)

View Item
View Item