Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Pemanfaatan Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Telkom 2 Medan

SEBAYANG, GRECELLA BR (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Pemanfaatan Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Telkom 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193151015_Cover.pdf] Text
5193151015_Cover.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 5193151015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193151015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 5193151015_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193151015_Kata_Pengantar.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 5193151015_Abstrak.pdf] Text
5193151015_Abstrak.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 5193151015_Daftar_Isi.pdf] Text
5193151015_Daftar_Isi.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 5193151015_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193151015_Daftar_Tabel.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 5193151015_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193151015_Daftar_Gambar.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 5193151015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193151015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 5193151015_BAB_I.pdf] Text
5193151015_BAB_I.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 5193151015_BAB_V.pdf] Text
5193151015_BAB_V.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 5193151015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193151015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di lingkungan SMK Telkom 2 Medan, khususnya jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di kelas 10. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan pembelajaran yang ditemukan yaitu
masih minimnya motivasi pembelajaran oleh siswa. Alasan adanya permasalahan tersebut adalah karena masih minimnya media pembelajaran yang digunakan cenderung membosankan oleh siswa. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah media pembelajaran yang digunakan untuk sebagai suplemen tambahan dalam penggunaan media pembelajaran yang dirancang berbasis android agar bisa diakses kapan saja serta dimana saja, sehingga diharapkan dapat membuat siswa lebih memahami pembelajaran serta meningkatkan nilai pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality (MediPAR) pada materi Jaringan Nirkabel di kelas X Teknik Komputer Jaringan Di SMK Telkom 2 Medan. Pada pengembangan dan penelitian ini digunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluaton) yang dikolaborasikan dengan model pengembangan produk Systems Development Life Cycle (SDLC) pada bagian Development. Setelah media selesai, dilakukan uji kelayakan oleh 2 ahli media serta 2 ahli materi dengan diiringi akseptansi siswa. Hasilnya, ketiga pengujian ini mendapatkan nilai pada rentang 4.17-5.00 yang dimana memenuhi kriteria Sangat Layak. Terakhir, untuk menguji seberapa efektivitas penggunaan media pembelajaran ini, digunakan uji efektivitas berupa uji N-gain pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji N-gain sendiri menunjukkan 17.13 atau 17% pada kelas kontrol dan untuk kelas eksperimen sendiri menunjukkan angka sebesar 76.36 atau 76%, dimana ini menunjukkan bahwa dengan perbedaan yang cukup signifikan, maka kelas eksperimen yang mengalami perlakuan tindakan memiliki pengaruh positif yang lebih baik jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tanpa dilakukan tindakan apapun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:04
Last Modified: 23 Apr 2024 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55339

Actions (login required)

View Item
View Item