Analisis Keberlangsungan SMK di Kabupaten Tapanuli Selatan

SIREGAR, FIRMANSYAH (2023) Analisis Keberlangsungan SMK di Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5161121010_Cover.pdf] Text
5161121010_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 5161121010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5161121010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 5161121010_Kata_Pengantar.pdf] Text
5161121010_Kata_Pengantar.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 5161121010_Abstrak.pdf] Text
5161121010_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 5161121010_Daftar_Isi.pdf] Text
5161121010_Daftar_Isi.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 5161121010_Daftar_Tabel.pdf] Text
5161121010_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5161121010_Daftar_Gambar.pdf] Text
5161121010_Daftar_Gambar.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 5161121010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5161121010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 5161121010_BAB_I.pdf] Text
5161121010_BAB_I.pdf

Download (769kB)
[thumbnail of 5161121010_BAB_V.pdf] Text
5161121010_BAB_V.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 5161121010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5161121010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (412kB)

Abstract

Sekolah memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan standar pelayanan minimal yang dicanangkan oleh pemerintah, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dari awal siswa mendaftar di sekolah sampai siswa itu benar-benar lulus dari sekolah tersebut. Tentunya faktor-faktor tersebut saling
berkaitan dengan siswa memilih jenis pendidikan atau sekolah yang dipilihnya harus berdasarkan minat dengan didukung oleh bakat serta kemampuan sosial ekonomi orangtuanya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kecenderungan
keberlangsungan SMK dari sisi supply atau SMP dan MTs dari sisi Minat Siswa. Dan untuk mengetahui peran dukungan orangtua dalam melanjutkan sekolah anaknya ke SMK. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, metode penelitian kuantitatif diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi
atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk mengaju hipotensis yang telah ditetapkan. Pendekatan kuantitatif ini digunakan oleh peneliti untuk mengukur tingkat kecenderungan sisi minat siswa dan dukungan orangtua terhadap keberlangsungan SMK.
Penelitian ini mengambil peserta didik yang diwakilkan 35 siswa yang barusaja masuk SMK, karena dianggap bisa mewakili siswa yang mendaftar di SMK N 1 Batang Angkola. Pengambilan data dilaksanakan dengan wawancara, dan selanjutnya untuk mendapatkan data melakukan tes dengan kuisioner untuk
siswa yang berisikan pertanyaan tanggapan siswa dan pendapat orangtua dalam melanjutkan sekolah. Hasil dari penelitian ini Kecendrungan keberlangsungan SMK di lihat dari
sisi minat siswa untuk memilih jurusan di SMK Negeri 1 Batang Anggola yaitu sebesar 2 orang atau 6% pada kategori rendah, 25 orang atau 71% pada kategori sedang, 8 orang atau 23% pada kategori tinggi. Nilai tertinggi sebesar 38 dan nilai terendah sebesar 26 dengan nilai rata-rata sebesar 32,514. Dengan nilai Standar deviasi sebesar 2.5114 dan Kecendrungan keberlangsungan SMK di lihat dari sisi
dukungan orang tua siswa untuk memilih jurusan di SMK Negeri 1 Batang Angkola yaitu sebesar 7 orang atau 20% pada kategori rendah, 24 orang atau 69% pada kategori sedang, 4 orang atau 11% pada kategori tinggi. Nilai tertinggi sebesar 24 dan nilai terendah sebesar 28 dengan nilai rata-rata sebesar 23,2 dengan nilai standar deviasi sebesar 2,44.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: minat siswa; keberlangsungan smk
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:44
Last Modified: 23 Apr 2024 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55334

Actions (login required)

View Item
View Item