HARAHAP, FARHAN MAULANA (2023) Pengembangan Website Sistem Pengolahan Data Bimbingan dan Konseling Sekolah Berbasis MVC (Model View Controller) di SMK Negeri 1 Beringin. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193351007_Cover.pdf
Download (90kB)
5193351007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (489kB)
5193351007_Kata_Pengantar.pdf
Download (237kB)
5193351007_Abstrak.pdf
Download (152kB)
5193351007_Daftar_Isi.pdf
Download (240kB)
5193351007_Daftar_Tabel.pdf
Download (58kB)
5193351007_Daftar_Gambar.pdf
Download (145kB)
5193351007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (58kB)
5193351007_BAB_I.pdf
Download (413kB)
5193351007_BAB_V.pdf
Download (178kB)
5193351007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (269kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan pada bagian bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Beringin. Permasalahan tersebut yaitu pengolahan data bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Beringin masih dilakukan secara
manual. Proses pencatatan data bimbingan masih menggunakan buku induk. Penggunaan buku induk dalam proses pencatatan data bimbingan dan konseling siswa beresiko terjadi kehilangan data, redudansi data dan lain sebagainya. Oleh
karena itu, tujuan pengembangan website sistem pengolahan data bimbingan dan konseling sekolah ini untuk mempermudah proses pengolahan data bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Beringin. Selain itu, dengan adanya website sistem
pengolahan data bimbingan dan konseling ini proses pencatatan dapat dilakukan dengan mudah, sehingga data-data siswa yang melakukan bimbingan dan konseling menjadi lebih rapi dan tertata dengan baik. Pengembangan website sistem pengolahan data bimbingan dan konseling SMK Negeri 1 Beringin ini menggunakan model pengembangan waterfall. Model
pengembangan waterfall dipilih karena model waterfall adalah model pengembangan yang sekuensial dan terurut. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas oleh 2 orang ahli sistem informasi dan 2 orang ahli praktisi bimbingan dan
konseling. Uji validitas dilakukan untuk mengetahui apakah sistem yang dikembangkan valid atau tidak. Aspek validitas sistem informasi dan sistem praktisi terdiri dari 8 aspek. Hasil uji validitas dari 8 aspek tersebut pada setiap item sudah lebih besar dari standar minimal koefisien validitas Aikens’V yaitu 0.677 artinya setiap item sudah dapat dikatakan valid. Selain uji validitas, uji akseptabilitas juga dilakukan terhadap pengguna. Uji akseptabilitas dilakukan untuk mengetahui penilaian pengguna terhadap sistem yang dikembangkan. Pengguna pada penelitian ini terdiri dari 5 orang guru bimbingan konseling dan 20 orang siswa di SMK Negeri 1 Beringin. Uji akseptabilitas terdiri dari 4 aspek yaitu aspek usefulness, aspek easy of use, aspek easy of learning dan aspek satisfaction. Hasil uji akseptabilitas dari 4 aspek tersebut memperoleh hasil di atas 91% artinya semua aspek yang diujikan masuk ke dalam
kategori “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sistem; Website; Bimbingan dan Konseling |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 04:59 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55322 |