SIMANJUNTAK, ESTER (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Swasta Al-Fattah 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183151030_Cover.pdf
Download (61kB)
5183151030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (554kB)
5183151030_Kata_Pengantar.pdf
Download (377kB)
5183151030_Abstrak.pdf
Download (241kB)
5183151030_Daftar_Isi.pdf
Download (286kB)
5183151030_Daftar_Tabel.pdf
Download (214kB)
5183151030_Daftar_Gambar.pdf
Download (215kB)
5183151030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (214kB)
5183151030_BAB_I.pdf
Download (447kB)
5183151030_BAB_V.pdf
Download (346kB)
5183151030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (386kB)
Abstract
Metode pembelajaran konvensional dengan cara metode ceramah biasa yang dibantu dengan papan tulis dan buku teks sebagai pegangan terkadang membuat siswa merasa bosan dan kurang bersemangat, sehingga siswa kurang paham terhadap materi yang disampaikan oleh guru dan akan berdampak terhadap
hasil belajar siswa. Tujuan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa web pembelajaran yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar rata-rata siswa. Pengembangan
media pembelajarn interaktif berbasis web dilakukan pada mata pelajaran Simulasi Digital khususnya pada kelas X OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran) di SMK swasta Al-Fattah 2 Medan pada Tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam
penelitian ini adalah kelas X SMK Swasta Al-Fattah 2 Medan dengan sampel sebanyak 20 siswa, 12 siswa kelas X OTKP sebagai kelas eksperimen dan 8 siswa kelas X AKL sebagai kelas kontrol. Pengujian yang dilakukan adalah uji kelayakan
produk dan uji efektivitas produk. Uji kelayakan produk dilakukan dengan menggunakan instrumen angket yang diberikan kepada 2 ahli materi, 2 ahli media serta pengguna. Sedangkan uji efektivitas produk dilakukan dengan melihat perbandingan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada mata pelajaran Simulasi Digital yang dirancang memiliki tingkat kelayakan dengan nilai 4,32 (Sangat Layak) dari ahli media dan nilai 4,38 (Sangat Layak) dari ahli materi. Uji efektivitas produk yang dilakukan menujukkan bahwa terdapat peningkatan pada nilai rata-rata siswa setelah menggunakan media pembelajaran interkatif berbasis web. Hasil uji coba dari kelas X OTKP pada Post Test yaitu 80,42 lebih tinggi dibandingkan dengan Post Test kelas X AKL yaitu 58,75. Hasil uji-t juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 19,52 >1,734.
Hasil belajar pada kelas yang menggunakan media pembelajara interaktif berbasis web lebih tinggi dari kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web; Kelayakan; Efektivitas |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 04:16 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55306 |