Yanti, Ridarni (2015) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, PERSEPSI TENTANG KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
0 8136132045 -cover.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
0 8136132045 -Pengesahan.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
1 8136132045 -Abstrak.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2 8136132045 -Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
3 8136132045 -Daftar isi.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4 8136132045 -Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
5 8136132045 -Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
6 8136132045 -Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7 8136132045 -Bab I.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
11 8136132045 -Bab V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
12 8136132045 -Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Untuk dapat melaksanakan tugas mengajarnya dengan baik, seorang guru memerlukan dukungan dari kepala sekolah dan rekan kerja yang ada di lingkungan sekolah. Terkait hal ini, maka dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui: (1) pengaruh langsung budaya organisasi terhadap motivasi kerja; (2) pengaruh langsung persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi kerja; (3) pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kinerja guru produktif; (4) pengaruh langsung persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru produktif; dan (5) pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru produktif. Subjek penelitian adalah guru SMP Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah sampel sebanyak 152 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate simple random sampling. Metode penelitian bersifat analisis jalur yang bertujuan untuk menguji teori dan memperoleh informasi tentang penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis disimpulkan: (1) terdapat pengaruh langsung budaya organisasi terhadap motivasi kerja dengan thitung > ttabel (3,114 > 1,645); (2) terdapat pengaruh langsung persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi kerja dengan thitung > ttabel (2,863 > 1,645); (3) terdapat pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kinerja guru produktif dengan thitung > ttabel (2,466 > 1,645); (4) terdapat pengaruh langsung persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru produktif dengan thitung > ttabel (2,370 > 1,645); dan (5) terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru produktif dengan thitung > ttabel (6,205 > 1,645). Hasil penelitian menggambarkan budaya organisasi, persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah, dan motivasi kerja mempengaruhi kinerja guru sebesar 33,7% dan sisanya ditentukan keadaan lain. Dengan demikian diharapkan hasil penelitian dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja guru dengan memperhatikan faktor budaya organisasi, persepsi tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah, dan motivasi kerja dalam pencapaian tujuan pendidikan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 1 Yan p |
Keywords: | Kinerja guru; Kepemimpinan transformasional; Budaya organisasi; Motivasi kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 04:09 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5529 |