PENGEMBANGAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN JAMUR MAKROSKOPIS DI PERKEBUNAN SAWIT BERBASIS RISET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF BIOLOGI UNTUK SMA

Nurmalasari, Fitri (2022) PENGEMBANGAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN JAMUR MAKROSKOPIS DI PERKEBUNAN SAWIT BERBASIS RISET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF BIOLOGI UNTUK SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 4171141020 COVER.pdf] Text
1. NIM 4171141020 COVER.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 2. NIM 4171141020 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4171141020 APPROVAL SHEET.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 3. NIM 4171141020 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4171141020 ABSTRACT.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4. NIM 4171141020 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4171141020 PREFACE.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 5. NIM 4171141020 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4171141020 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 6. NIM 4171141020 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM 4171141020 ILLUSTRATION.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 7. NIM 4171141020 TABLES.pdf] Text
7. NIM 4171141020 TABLES.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 8. NIM 4171141020 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 4171141020 APPENDICES.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 9. NIM 4171141020 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4171141020 CHAPTER I.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 13. NIM 4171141020 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4171141020 CHAPTER V.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 14. NIM 4171141020 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4171141020 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (181kB)

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi jamur disebabkan karena kurangnya literasi siswa mengenai materi jamur seperti memahami ciri-ciri jamur serta membedakan jenis jamur yang beracun dan tidak beracun. Kesulitan siswa dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi jamur (Fungi). Karena dalam pembelajaran biologi siswa selalu kesulitan untuk mengingat istilah asing dan bahasa Latin, yang sulit untuk dihafal contohnya saja dalam materi jamur. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan suatu buku saku berbasis riset dalam mata pelajaran biologi 2) Meningkatkan pengetahuan siswa dalam materi jamur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang dimodifikasi. Tahapannya dituangkan dalam model 4D yang dimodifikasi sampai tahap pengembangan, sehingga model 4-D terdiri atas tiga tahap, yakni: pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli desain, sedangkan uji coba dilakukan terhadap siswa IPA di SMAN 1 Bahorok yang terdiri: perorangan (5), (9) kelompok kecil dan (30) kelompok terbatas serta guru mata pelajaran biologi pada bulan April
2022. Aspek penilaian buku saku meliputi kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan. Data diperoleh melalui proses validasi dan uji coba dengan menggunakan instrument angket penilaian. Berdasarkan analisis data terhadap angket validasi buku saku keanekaragaman jamur di perkebunan sawit berbasis riset oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli desain termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil Pre-test dan Post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen masuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: keanekaragaman jamur; Perkrbunan sawit; Biologi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:09
Last Modified: 23 Apr 2024 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55284

Actions (login required)

View Item
View Item