Batubara, Afrizansyah (2016) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136132002 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 8136132002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
3. NIM 8136132002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM 8136132002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5. NIM 8136132002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM 8136132002 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 8136132002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 8136132002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 8136132002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
13. NIM 8136132002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14. NIM 8136132002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru terhadap efektifitas kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) Apakah terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru, (3) Apakah terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja dengan kinerja guru, (4) Apakah terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru terhadap efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional, motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional dengan sampel penelitian sebanyak 153 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Slovin dengan memperhatikan proporsi populasi. Instrumen penelitian menggunakan angket. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, dan korelasi parsial pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru terhadap efektifitas kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,317 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 8,78%, (2) terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi r = 0,343 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 10,52%, (3) terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,375 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 12,71%, (4) terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru terhadap efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional, motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,569 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 32,01%. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada Kepala Sekolah untuk selalu menggerakkan, mengarahkan, dan mendorong guru agar bekerja sesuai tujuan sekolah, dan kepada Guru meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 1 Bat h |
Keywords: | Kinerja guru; Efektivitas kepemimpinan; Kecerdasan emosional; Motivasi kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 04:03 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5528 |