Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Strategi Quiz team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKRO di SMK Negeri 1 Parbuluan

Sihombing, Daniel R. (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Strategi Quiz team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKRO di SMK Negeri 1 Parbuluan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 5183122020_Cover.pdf] Text
5183122020_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 5183122020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183122020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 5183122020_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183122020_Kata_Pengantar.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 5183122020_Abstrak.pdf] Text
5183122020_Abstrak.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 5183122020_Daftar_Isi.pdf] Text
5183122020_Daftar_Isi.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 5183122020_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183122020_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 5183122020_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183122020_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 5183122020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183122020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 5183122020_BAB_I.pdf] Text
5183122020_BAB_I.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 5183122020_BAB_V.pdf] Text
5183122020_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5183122020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183122020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (166kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan mencatat yang mengakibatkan siswa kurang aktif saat pembelajaran yang kemudian berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif siswa kelas X TKRO SMK Negeri 1 Parbuluan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan strategi Quiz team. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Problem Based Learning (PBL) adalah pembelajaran berbasis masalah (PBM) yaitu model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Terdapat 5 (lima) sintaks dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu, (1). Mengorientasikan peserta didik pada masalah, (2). Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar,
(3). Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, (4). Mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, (5).
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dalam penelitian ini diterapkan tiga siklus, yaitu pra siklus, siklus pertama, dan siklus kedua. Tahapan pada penelitian tindakan kelas terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Parbuluan dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 1 Parbuluan yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif menggUnakan model pembelajaran Problem Based Learning pada prasiklus diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 62, 07. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 67,26 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 83,41. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan strategi Quiz team terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada
pembelajaran pekerjaan teknik dasar otomotif siswa kelas X TKRO SMK di Negeri Parbuluan T.P 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Strategi Quiz team
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:37
Last Modified: 23 Apr 2024 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55264

Actions (login required)

View Item
View Item