Sihombing, Daniel R. (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Strategi Quiz team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKRO di SMK Negeri 1 Parbuluan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
5183122020_Cover.pdf
Download (48kB)
5183122020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (343kB)
5183122020_Kata_Pengantar.pdf
Download (71kB)
5183122020_Abstrak.pdf
Download (67kB)
5183122020_Daftar_Isi.pdf
Download (63kB)
5183122020_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
5183122020_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
5183122020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (61kB)
5183122020_BAB_I.pdf
Download (508kB)
5183122020_BAB_V.pdf
Download (62kB)
5183122020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (166kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan mencatat yang mengakibatkan siswa kurang aktif saat pembelajaran yang kemudian berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif siswa kelas X TKRO SMK Negeri 1 Parbuluan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan strategi Quiz team. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Problem Based Learning (PBL) adalah pembelajaran berbasis masalah (PBM) yaitu model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan. Terdapat 5 (lima) sintaks dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu, (1). Mengorientasikan peserta didik pada masalah, (2). Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar,
(3). Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, (4). Mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, (5).
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dalam penelitian ini diterapkan tiga siklus, yaitu pra siklus, siklus pertama, dan siklus kedua. Tahapan pada penelitian tindakan kelas terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Parbuluan dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 1 Parbuluan yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif menggUnakan model pembelajaran Problem Based Learning pada prasiklus diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 62, 07. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 67,26 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 83,41. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan strategi Quiz team terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada
pembelajaran pekerjaan teknik dasar otomotif siswa kelas X TKRO SMK di Negeri Parbuluan T.P 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Problem Based Learning; Strategi Quiz team |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 01:37 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55264 |