Saragih, Ratika Sari (2023) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas XI SMK Swasta Imelda Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183131013 COVER.pdf
Download (42kB)
2. NIM. 5183131013 APPROVAL SHEET.pdf
Download (247kB)
3. NIM. 5183131013 ABSTRACT.pdf
Download (204kB)
4. NIM. 5183131013 PREFACE.pdf
Download (133kB)
5. NIM. 5183131013 TABEL OF CONTETN.pdf
Download (62kB)
6. NIM. 5183131013 TABELS.pdf
Download (33kB)
7. NIM. 5183131013 ILLUSTRATION.pdf
Download (32kB)
8. NIM. 5183131013 CHAPTER I.pdf
Download (330kB)
12. NIM. 5183131013 CHAPTER V.pdf
Download (171kB)
13. NIM. 5183131013 BIBLIOGRAPY.pdf
Download (216kB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran instalasi Tenaga Listrik kelas XI ITL SMK Swasta Imelda Medan. Serta tingkat kelayakan E-Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik kelas XI ITL SMK Swasta Imelda Medan . Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Dick&Carey yang meliputi lima tahapan yaitu pertama analysis yangmeliputi analisis kebutuhan produk, kedua design yaitu menyusun garis besar, layout dan materi E-Modul, Ketiga development yaitu mengembangkan produk yang sudah didesain untuk dilakukan validasi agar mendapatkan masukan oleh ahli media dan ahli materi. Keempat implementation yaitu menerapkan produk untuk mendapatkan respon dari pengguna (siswa) terhadap E-Modul Instalasi Tenaga Listrik yang telah dikembangkan. Kelima evaluation
yaitu mengevaluasi E- Modul berdasarkan beberapa masukkan dari para ahli serta respon pengguna. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi dan angket. Hasil Penelitian ini diketahui : (1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa E-Modul Instalasi Tenaga Listrik berbasi Canva. (2) Kelayakan E-Modul ini didapatkan dari hasil validasi ahli media dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6. Dan hasil validasi berikutnya didapatkan dari ahli materi dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6. (3) Hasil penggunaan terhadap E- Modul ini dikategorikan “Sangat Baik” yang memperoleh
nilai rata-rata sebesar 3,9 pada siswa dalam kelompok kecil, 3,8 pada siswa dalam kelompok besar, dan 3,6 pada guru. Rekomendasi pada penelitian ini adalah agar pembelajaran dengan menggunakan E-Modul harus lebih dikembangkan lagi pada mata pelajaran lainnya agar dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul Instalasi Tenaga Listrik; Sekolah Menengah Kejuruan; Instalasi; Tenaga Listrik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:39 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55252 |