Penerapan Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Teknik Instalasi Listrik

Gustina, Maya (2023) Penerapan Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Teknik Instalasi Listrik. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.5181131004 COVER.pdf] Text
1. NIM.5181131004 COVER.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 2. NIM.5181131004 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.5181131004 APPROVAL SHEET.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 3. NIM.5181131004 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.5181131004 ABSTRACT.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 4. NIM.5181131004 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.5181131004 PREFACE.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 5. NIM.5181131004 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.5181131004 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 6. NIM.5181131004 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM.5181131004 ILLUSTRATION.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7. NIM.5181131004 TABLES.pdf] Text
7. NIM.5181131004 TABLES.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8. NIM.5181131004 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.5181131004 CHAPTER I.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 12. NIM.5181131004 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.5181131004 CHAPTER V.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 13. NIM.5181131004 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.5181131004 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara penggunaan model Active knowledge sharing dengan penggunaan model Ekspositori pada materi smart home. (2) Mengetahui efektifitas penerapan model
Active knowledge sharing pada materi smart home pada kelas XI Teknik Instalasi Penerangan Listrik (TITL) SMK Swasta Imelda Medan. Jenis penelitian ini adalah quasy Eksperimen dengan model penelitian Active Knowledge Sharing. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar kelas Eksperimen dengan model Active Knowledge Sharing (mean =83,3; g =0,6). Lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas Kontrol model Ekspositori (mean =69,2; g =0,29). (2) Hasil belajar model
Active Knowledge Sharing (88,57%) dikategorikan lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan model Ekspositori (33,3%). Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata posttest diperoleh adalah 5,69 dan adalah 2,016692199. Berdasarkan kriteria uji hipotesis. Dapat dilihat bahwa ˃ dan P value
< (0,05). Maka pengujian hipotesis disimpulkan dengan Ho ditolak dan Hα diterima. Artinya ada perbedaan yang sangat signifikan pada hasil belajar dengan menggunakan Active Knowledge Sharing dengan menggunakan Ekspositri. Efektivitas yang menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada kelas model Active knowledge sharing adalah 23 siswa (88,57%) dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas penggunaan model Ekspositori jumlah yang mencapai nilai KKM hanya 11 siswa (33,3%) dengan kategori rendah. Sedangkan
penggunaaan model Active knowledge shaing lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan model Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; model active kknowledge sharing model Ekspositori
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:33
Last Modified: 22 Apr 2024 08:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55251

Actions (login required)

View Item
View Item