BATUBARA, KEVIN BOIJOGY (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Prototype Lift Berbasis PLC Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XII TITL DI SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5182131008 COVER.pdf
Download (216kB)
2. NIM. 5182131008 APPROVAL SHEET.pdf
Download (408kB)
3. NIM. 5182131008 ABSTRACT.pdf
Download (437kB)
4. NIM. 5182131008 PREFACE.pdf
Download (267kB)
5. NIM. 5182131008 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (266kB)
6. NIM. 5182131008 TABLES.pdf
Download (210kB)
7. NIM. 5182131008 ILLUSTRATION.pdf
Download (264kB)
8. NIM. 5182131008 APPENDICES.pdf
Download (210kB)
9. NIM. 5182131008 CHAPTER I.pdf
Download (548kB)
13. NIM. 5182131008 CHAPTER V.pdf
Download (426kB)
14. NIM. 5182131008 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (242kB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk: (1) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran prototype lift berbasis PLC jenis Omron type CPM1A untuk mata pelajaran instalasi motor listrik pada materi pengontrolan motor listrik secara
Forward-Reverse kelas XII TITL SMK Negeri 14 Medan (2) Untuk mengetaui hasil dari pengembangan media pembelajaran dengan merancang bangun media pembelajaran prototype lift berbasis PLC jenis Omron type CPM1A pada mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XII SMK Negeri 14 Medan, dan (3) Untuk
mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran prototype lift berbasis PLC jenis Omron type CPM1A untuk mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XII SMK Negeri 14 Medan semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE meliputi lima tahapan yaitu pertama analysis yang meliputi analisis kebutuhan, kedua design yaitu mendesain mekanik, elektric dan wiring serta desain program untuk media pebelajaran prototype lift, ketiga
development yaitu mengembangkan media pembelajaran dengan merancang bangun sebuah prototype lift tiga lantai berbasis PLC yang sudah didesain untuk dilakukan uji kelayakan agar mendapatkan masukan oleh ahli media dan ahli materi, keempat implementation yaitu menerapkan produk untuk mendapatkan
respon dari pengguna (siswa) terhadap media pembelajaran prototype lift yang telah dikembangkan, kelima evaluation yaitu mengevaluasi modul berdasarkan beberapa masukkan dari para ahli serta respon pengguna. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket uji kelayakan dan angket respon pengguna. Validitas yang digunakan adalah berdasarkan pendapat dari dua ahli materi dan dua ahli media. Hasil Penelitian ini dapat diketahui: (1)Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran prototype lift berbasis PLC pada mata pelajaran instalasi motor listrik Kelas XII TITL di SMK Negeri 14 Medan. (2) Kelayakan media pembelajaran prototype lift ditinjau dari ahli materi mendapatkan skor 87,50% dari persentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “Sangat Layak”. Ditinjau dari ahli media mendapatkan skor 97,50% dari persentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “Sangat Layak”. Hasil
respon penngguna (siswa) dengan kategori “Sangat Baik” memperoleh rata-rata presentase skor 92%. Maka media pembelajaran prototype lift berbasis PLC yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Rekomendasi pada penelitian ini adalah pengembangan media terhadap prototype lift ini dapat dilakukan lagi pada mata pelajaran lainnya dengan menambahkan beberapa sistem kerjanya sehingga
dapat lebih meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; ADDIE; Prototype Lift; PLC Omron |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:24 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55250 |