SILAEN, BONKEY (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Pcb Wizard Terhadap Kompetensi Teknik Kerja Bengkel Dan Gambar Teknik Di Smk Swasta Imelda Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 5161131005 COVER.pdf
Download (70kB)
2. 5161131005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (539kB)
3. 5161131005 ABSTRACT.pdf
Download (67kB)
4. 5161131005 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (120kB)
5. 5161131005 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (94kB)
6. 5161131005 LIST OF TABLES.pdf
Download (36kB)
7. NIM 5161131005 LIST OF FIGURES.pdf
Download (33kB)
8. 5161131005 CHAPTER I.pdf
Download (274kB)
12. 5161131005 CHAPTER V.pdf
Download (67kB)
13. 5161131005 REFERENCES.pdf
Download (178kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbadingan hasil belajar Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis project software PCB Wizard dan konvensional di kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Swasta Imelda Medan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi (Quasi-Experiment).
Eksperimen kuasi mempunyai dua kelompok kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional atau yang tidak diberi treatment, sedangkan kelas eksperimen adalah
kelas yang diberi treatment menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan PCB Wizard.Pengumpulan data menggunakan Instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran
berbasis Project software PCB Wizard di kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Swasta Imelda Medan terjadi peningkatan yang signifikan. Hal ini didapat dari hasil
pengolahan data pretest dan posttest yaitu dengan nilai rata-rata 56,21 untuk nilai pretest dan 96,66 untuk nilai rata-rata posttest, 2) Hasil belajar Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Swasta Imelda Medan terjadi peningkatan tetapi tidak signifikan. Hal ini didapat dari hasil pengolahan
data pretest dan posttest yaitu dengan nilai rata-rata 52,66 untuk nilai pretest dan 62,66 untuk nilai posttest, 3) Bedasarkan dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 10,316 dan ttabel = 2,052, sehingga thitung > ttabel (10,316 > 2,052). Maka Ha diterima dan sebaliknya H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek PCB Wizard memberikan hasil belajar pada Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik yang lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK Swasta Imelda Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Pcb Wizard; Teknik Kerja Bengkel Dan Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 05:42 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55238 |