BANGUN, ANGGA KARISTO (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Perbaikan Peralatan Listrik Kelas XII TITL di SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 5183131012 COVER.pdf
Download (2MB)
2. 5183131012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. 5183131012 ABSTRACT.pdf
Download (2MB)
4. 5183131012 PREFACE.pdf
Download (2MB)
5. 5183131012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (2MB)
6. 5183131012 TABLES.pdf
Download (2MB)
7. 5183131012 ILLUSTRATION.pdf
Download (2MB)
8. 5183131012 APPENDICES.pdf
Download (2MB)
9. 5183131012 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
13. 5183131012 CHAPTER V.pdf
Download (2MB)
14. 5183131012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara mengembangkan
Modul Pembelajaran Perbaikan Peralatan Listrik Kelas XII di SMK Negeri 14
Medan. (2) Mengetahui respon pengguna Modul PePembelajaran Perbaikan
Peralatan Listrik Kelas XII di SMK Negeri 14 Medan. (3) Mengetahui tingkat
kelayakan dan efektivitas Modul Pembelajaran Perbaikan Peralatan Listrik Kelas
XII di SMK Negeri 14 Medan. Penelitian ini akan diuji coba dengan melibatkan
siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 14 Medan semester
ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Research and
Development (R & D) dengan model penelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE
meliputi 5 tahapan yaitu pertama analysis yang meliputi analisis kebutuhan
produk, kedua design yaitu menyusun garis besar, layout dan materi modul, ketiga
development yaitu mengembangkan produk yang sudah didesain untuk dilakukan
validasi agar mendapatkan masukan oleh ahli media dan ahli materi, keempat
implementation yaitu menerapkan produk untuk mendapatkan respon dari
pengguna (siswa) terhadap modul yang telah dikembangkan, kelima evaluation
yaitu mengevaluasi modul berdasarkan beberapa masukkan dari para ahli serta
respon pengguna. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket
validasi dan angket respon pengguna. Hasil Penelitian ini diketahui : (1)
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran
Perbaikan Peralatan Listrik Kelas XII TITL di SMK Negeri 14 Medan. (2) Hasil
respon penngguna produk (siswa) dengan kategori “Sangat Baik” memperoleh
rata – rata presentase skor 93,5%. Maka modul pembelajaran perbaikan peralatan
listrik yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan (3) Kelayakan
modul ini didapatkan dari hasil validasi ahli media dengan kategori “Sangat
Layak” yang memiliki presentase skor 90%, dan hasil validasi berikutnya
didapatkan dari ahli materi dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh
presentase skor 88,75%. Efektivitas modul yang dikembangkan dengan kategori
“Sangat Efektif” memiliki presentase skor 86%. Rekomendasi pada penelitian ini
adalah pengembangan modul dilakukan lagi pada mata pelajaran lainnya sehingga
dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul Pembelajaran; Perbaikan Peralatan Listrik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 05:08 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55233 |