Hilmi, Nurul (2023) Pengembangan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Pangkas Rambut Dasar Siswa Tata Kecantikan Di SMK Negeri 1 Beringin. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5173144019 COVER.pdf
Download (61kB)
2. NIM 5173144019 APPROVAL SHEET.pdf
Download (732kB)
3. NIM 5173144019 ABSTRACT.pdf
Download (190kB)
4. NIM 5173144019 PREFACE.pdf
Download (187kB)
5. NIM 5173144019 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (218kB)
6. NIM 5173144019 LIST OF TABLES.pdf
Download (187kB)
7. NIM 5173144019 LIST OF PICTURES.pdf
Download (151kB)
8. NIM 5173144019 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (122kB)
9. NIM 5173144019 CHAPTER I.pdf
Download (379kB)
13. NIM 5173144019 CHAPTER V.pdf
Download (188kB)
14. NIM 5173144019 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (88kB)
Abstract
Terbatasnya media pembelajaran dapat mengakibatkan rendahnya minat siswa
dalam proses pembelajaran sehingga siswa sulit memahami materi pembelajaran
dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan
kelayakan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Pemangkasan Rambut Dasar
Di SMK Negeri 1 Beringin.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research
and Development) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation) . Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif
melalui angket . Uji validitas dilakukan oleh dua orang ahli materi dan dua orang
ahli media serta uji coba lapangan selurus siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK
Negeri 1 Beringin dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 30 orang. Penelitian
ini dilakukan pada Juli 2022 .
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil pengembangan
media pembelajaran modul elektronik dari ahli materi 93,84% dengan katagori
“Sangat Baik” dari ahli materi 93,33% dengan katagori “sangat baik”. Dengan
hasil akhir pengembangan media pembelajaran 93,54% dengan katagori “Sangat
Baik”. Setelah di kembangkan maka dilakukan uji coba untuk mengetahui (2)hasil
kelayakan media dengan uji coba kelompok kecil 91% dengan katagori “sangat
baik” uji coba kelompok sedang 95% dengan katagori “sangat baik” uji coba
kelompok besar 98% dengan katagori “sangat baik” . dengan hasil kelayakan
media pembelajaran 96,47% dengan katagori “Sangat Baik” Dengan demikian
Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Pemangkasan Rambut Dasar
dikatagorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Modul Elektronik; Pangkas Rambut Dasar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 04:38 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55226 |