Banurea, Oda Kinata (2013) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN KABANJAHE. Masters thesis, UNIMED.
8106131034 Judul.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8106131034 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
8106131034 Abstrak.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8106131034 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
8106131034 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8106131034 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8106131034 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
8106131034 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8106131034 Bab I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
8106131034 Bab V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8106131034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui tingkat hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru. (2) mengetahui tingkat hubungan atara budaya sekolah terhadap kepuasan kerja guru. (3) mengetahui tingkat hubungan komunikasi Interpersonal terhadap kepuasan kerja guru (4) mengetahui tingkat hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah Komunikasi Interpersonal dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional dengan pola kajian korelatif dengan menempatkan variabel penelitian dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar negeri kecamatan kabanjahe yang berjumlah 23 sekolah dengan jumlah guru sebanyak 262 orang guru.Untuk menentukan sampel digunakan teknik stratified proforsional random sampling dengan strata yang di ambil yaitu strata masa kerja dan tingkat pendidikan guru. Sehingga didapatkan sampel sebanyak 70 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert dan teknik analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana, ganda parsaial dan regresi sederha serta ganda.
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa: (1). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan transformational kepala sekolah dengan kepuasan kerja dengan koefisien korelasi rX1Y = 0.45 sumbangan relatif yang diberikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar 37,73%. (2). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya sekolah terhadap kepuasan kerja guru sekolah dasar negeri kecamatan Kabanjahe dengan koefisien korelasi rX2Y = 0.52 sumbangan relatif diberikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar 47,25%. (3). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Komunikasi interpersonal terhadap kepuasan kerja guru sekolah dasar negeri kecamatan kabanjahe dengan koefisien korelasi rX3Y = 0.32. komunikasi interpersonal memberikan sumbangan relatif terhadap kepuasan kerja guru sebesar 15,01%. (4). Terdapat pula hubungan yang positif dan signifikan antara Kepemimpinan transformational, budaya sekolah dan komunikasi interpersonal secara simultan terhadap kepausan kerja guru sekolah dasar negeri kecamatan kabanjahe dengan koefisien korealasi (R) sebesar 0,50 dan koefisien (R2) 0,71. Kepemimpinan transformational, budaya sekolah dan komunikasi interpersonal memberikan sumbangan efektif terhadap kepuasan kerja guru sekolah dasar negeri kecamatan kabanjahe 44,84 %. Dan sisanya ditentukan oleh fator lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 Ban h |
Keywords: | Kepuasan kerja; Kepemimpinan transformasional; Budaya sekolah; Komunikasi interpersonal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 04:14 |
Last Modified: | 01 Jun 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5521 |