Pasaribu, Lusy Mariana (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136121015 COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. 8136121015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. 8136121015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
4. 8136121015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. 8136121015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 8136121015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. 8136121015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. 8136121015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. 8136121015 BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. 8136121015 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. 8136121015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran buku teks disertai poster dengan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran buku teks disertai gambar, (2) perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, (3) interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Rantau Selatan berjumlah 192 orang yang berasal dari 6 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian untuk media pembelajaran buku teks disertai poster terdiri dari 29 siswa dan 32 siswa untuk media pembelajaran buku teks disertai gambar. Instrument pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban terdiri dari 28 soal. Untuk menjaring data kemampuan berpikir logis digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban terdiri dari 30 soal. Metode Penelitian yang digunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2×2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan media pembelajaran buku teks disertai poster (X ̅ = 19,60) lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan media pembelajaran buku teks disertai gambar (X ̅ = 16,34), dengan Fhitung = 6,7 > Ftabel = 4,16, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi (X ̅ = 15,90) lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah (X ̅ = 16,03) dengan Fhitung = 9,41 > Ftabel = 4,16. Disimpulkan bahwa: (a) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan media pembelajaran buku teks disertai poster lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan media pembelajaran buku teks disertai gambar, (b) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, (c) terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan kemampuan berpikir logis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.246 Pas p |
Keywords: | Hasil belajar; Matematika; Media pembelajaran; Kemampuan berpikir logis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2016 09:33 |
Last Modified: | 27 May 2016 09:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5513 |