Sihite, Artaida (2013) HUBUNGAN ANTARA SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA, DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SD SWASTA DI KECAMATAN MEDAN PETISAH KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
810632051 Judul.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
810632051 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
810632051 Abstrak.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
810632051 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
810632051 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
810632051 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
810632051 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
810632051 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
810632051 Bab I.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
810632051 Bab V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
810632051 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru; (2) hubungan antara budaya kerja dengan kinerja guru; (3) hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru; dan (4) hubungan antara supervisi kepala sekolah, budaya kerja, dan motivasi kerja dengan kinerja guru. Subjek penelitian adalah guru SD Swasta di Kecamatan Medan Petisah Kota Medan dengan jumlah sampel sebanyak 122 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada penelitian. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen angket kinerja guru yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,85. Instrumen angket supervisi kepala sekolah yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,91. Instrumen angket budaya kerja yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,88. Instrumen angket motivasi kerja yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,89. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang berarti antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar ry1.23 = 0,36 > r tabel = 0,17 dan t hitung = 6,12 > t tabel = 1,65; (2) terdapat hubungan yang berarti antara budaya kerja dengan kinerja guru sebesar ry2.13 = 0,21 > r tabel = 0,17 dan t hitung = 2,88 > t tabel = 1,65; (3) terdapat hubungan yang berarti antara motivasi kerja dengan kinerja guru sebesar ry3.12 = 0,30 > r tabel = 0,17 dan t hitung = 4,59 > t tabel = 1,65; dan (4) terdapat hubungan yang berarti antara supervisi kepala sekolah, budaya kerja, dan motivasi kerja dengan kinerja guru sebesar Ry(123) = 0,50 > r tabel = 0,17 dan F hitung = 13,50 > Ftabel = 2,65. Hasil penelitian diperoleh supervisi kepala sekolah, budaya kerja, dan motivasi kerja secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 25% terhadap kinerja guru, dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sih h |
Keywords: | Kinerja guru; Supervisi kepala sekolah; Budaya kerja; Motivasi kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2016 09:21 |
Last Modified: | 27 May 2016 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5511 |