Manurung, Indah Charisma (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Keterampilan Speaking di Kelas V SD Negeri 060950 Medan Labuhan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311066_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183311066_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3. NIM. 1183311066_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 1183311066_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM. 1183311066_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 1183311066_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM. 1183311066_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 1183311066_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 1183311066_BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM. 1183311066_BAB V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
14. NIM. 1183311066_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk meghasilkan media pembelajaran berbasis macromedia flash yang layak, praktis, dan efektif pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan materi Greetings and Introduction untuk meningkatkan keterampilan speaking di kelas V SD Negeri 060950 Medan Labuhan. Subjek
dalam penelitian ini yaitu siswa/I kelas V-B SD Negeri 060950 Medan Labuhan sebanyak 5 siswa sebagai responden uji coba perorangan dan 12 siswa sebagai responden uji kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Research and Development dengan model ADDIE dan data yang dikumpulkan menggunakan angket, observasi, dan tes. Subjek penelitian ini juga terdiri dari validator ahli media yang berasal dari Dosen PTIK Universitas Negeri medan dan
ahli materi yang berasal dari Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan serta validator praktisi pendidikan yang berasal dari guru bahasa Inggris kelas V-B SD Negeri 060950 Medan Labuhan. Data dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan media dengan validasi ahli materi diperoleh penilaian sebesar 93,3% dinyatakan sangat layak, validasi ahli media diperoleh penilaian sebesar 94,7% dinyatakan sangat layak. Validasi
ahli praktisi didapatkan persentase sebesar 95% dinyatakan sangat praktis dan hasil keefektifan media ini diperoleh penilaian sebesar 84,53% dinyatakan sangat efektif. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan agar pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash ini dapat digunakan dengan baik dalam proses pembelajaran dan para pendidik untuk dapat menggunakan pengembangan
media ini untuk meningkatkan keterampilan speaking siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-039 |
Keywords: | Pengembangan Media; Macromedia Flash; Keterampilan Speaking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:51 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55049 |