Pohan, Lenggasari (2023) Efektivitas Strategi Pembelajaranx Sains Teknologi Masyarakat (STM) Melalui Pengembangan E-Modul Materi Hidrokarbon Terhadapx Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Masters thesis, UNIMED.
9. 8206141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
1. 8206141009 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. 8206141009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 8206141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 8206141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 8206141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 8206141009 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 8206141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 8206141009 ILLUSTRATIOON.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 8206141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. 8206141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan analisis kebutuhan e-modul yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik, memperoleh tingkat kevalidan e-modul berbasis Sains Teknologi Masyarakatx (STM), dan respon peserta didik terhadap efektivitas strategi pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) melalui pengembangan e-modul materi hidrokarbon dan kemampuanx berpikir kreatif. Peneliti menggunakan jenis penelitian model pengembanganx ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Langkat. Analisis data menggunakanx analisisi kurikulim, analisis kebutuhan pembelajaran dan menyebaran angket uji validasi instrumen tes beserta angketx respon peserta didik yang berjumlah 30 0rang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitianx yang diperoleh dari validasi ahli materi, validasi ahli instrumen tes, serta respon peserta didik terhadap e-modul hidrokarbonx yang telah dikembangkan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Hasil analisis kebutuhan e-modul yang dikembangkanx telah layak sesuai dengan BSNP pada proses pembelajaran yakni rata-rata sebesar 3,07dengan katagori valid. (2) Tingkat validasi yang didapatkan dari dua validator ahli rata-rata kelayakan pengembanganx e-modul untuk semua kreteria BSNP yakni kategori layak (kelayakan isi = 3,15, kelayakan bahasa = 2,94, kelayakan penyajian = 3,13, kelayakan kegrafikan 3,04), maka e-modul hidrokarbon layak digunakan. (3) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan dengan nilai kriteria ketuntasanx minimal 75 dengan rata-rata posttes peserta didik sebesar 85,17 dan diperoleh nilai sig. = 1, 60 > 0, 05. (3) Hasil dari respon peserta didik didapatkan adalah 84% dengan kategori sangat baikx sehingga e-modul yang telah dikembangkan layak untuk digunakan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 547.507 2 Poh e |
Keywords: | STM, Respon, Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 06:32 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55041 |