Khumairoh, - (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Merubah Pola Blus Siswa Kelas X Swasta Setia Budi Binjai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5173143012 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 5173143012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
3. NIM 5173143012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4. NIM 5173143012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM 5173143012 TABLE OF CONTENT'.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM 5173143012 TABLES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7. NIM 5173143012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8. NIM 5173143012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
12. NIM 5173143012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
13. NIM 5173143012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Pendidikan menjadi sarana untuk mengembangkan potensi diri dalam
kecerdasan, kepribadian, akhlak dan keterampilan. Latar belakang pada penelitian ini
(1) Proses pembelajaran masih menggunakan media yang sederhana seperti buku
pengangan atau modul. (2) Kurangnya kesadaran siswa untuk berpartisipasi secara
aktif dalam pembelajaran. (3) Suasana belajar yang monoton dan penggunaan media
pembelajaran yang kurang menarik menimbulkan rasa jenuh dan kurang termotivasi
pada pelajaran pembuatan polaPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran berbasis video tutorial merubah pola blus dan mengetahui kelayakan
media pembelajaran berbasis video tutorial dalam merubah pola blus di SMK Swasta
Setia Budi Binjai.
Jenis penelitian pengembangan atau Education Research & Development
bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan memvalidasi suatu produk.
Prosedur penelitian ini mengacu kepada model alur pengembangan Borg and Gall
dalam Sugiyono ( Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Validasi desain, Revisi
desain, Uji coba produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi produk final, dan
Produk Massal). Sampel penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah siswa kelas
X SMK Swasta Setia Budi Binjai berjumlah 32 orang. Penelitian ini menghasilkan
media pembelajaran berbasis video tutorial yang dapat digunakan untuk materi
pembelajaran merubah pola blus sesuai dengan desain. Media pembelajaran ini
divalidasi oleh ahli materi dan ahli media.
Hasil penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan produk media
pembelajaran berupa video tutorial merubah pola blus. Kelayakan media
pembelajaran video tutorial merubah pola blus menurut ahli materi dinilai dengan dua
aspek yakni aspek kualitas isi dan kualitas instruksional dengan rata-rata 95% dengan
kriteria “Sangat Baik” dan menurut ahli media dinilai dengan 6 aspek yakni Fungsi
dan manfaat, aspek Visual dan media, Kualitas narasi dan audio, Desain persentase,
Tipografi dan Estetika dengan rata-rata 86.6% dengan kriteria “Baik”. Hasil penilaian
uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 68,3 % kriteria “Cukup Baik”, uji coba
kelompok sedang dengan rata-rata 82% kriteria “Baik” dan uji coba skala besar
dengan rata-rata 92% kriteria “ Sangat Baik” serta hasil penilaian uji coba kelayakan
guru 94% kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebut maka media
pembelajaran video tutorial merubah pola blus yang telah disusun layak digunakan
sebagai media pembelajaran di SMK Swasta Setia Budi Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; Video tutorial; Pola blus |
Subjects: | T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 05:43 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55019 |