Lubis, Mulkan (2016) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PEMASARAN PADA MATERI PRINSIP-PRINSIP BISNIS SISWA KELAS X MK SMK NEGERI 1 MEULABOH T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 709141137 COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2. NIM. 709141137 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3. NIM. 709141137 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM. 709141137 PREFACE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM. 709141137 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM. 709141137 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM. 709141137 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 709141137 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 709141137 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM. 709141137 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 709141137 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pemasaran siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar pemasaran siswa kelas X MK SMK Negeri 1 Meulaboh dengan Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Group Investigation dengan Student Facilitator and Explaining.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Meulaboh yang berlokasi di Jl. Bakti Pemuda No. 02 GIP Lapang – Meulaboh Kab. Aceh Barat, Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MK dengan jumlah 30 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Group Investigation dengan Student Facilitator and Explaining. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda dan isian diberikan secara individual yang dilaksanakan di setiap akhir siklus. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses kegiatan belajar mengajar dan analisa data diambil dari hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa kemudian mengambil kesimpulan dari data yang telah dianalisa.
Hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal adalah 18 (60%) dikategorikan rendah. Pada siklus II persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 24 (80%) dikategorikan tinggi menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 20%. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebanyak 10 orang (33,33%) siswa tidak aktif, 5 orang (16,67%) siswa belum aktif, 10 orang (33,33%) siswa cukup aktif, 3 orang (10%) siswa aktif, dan 2 orang (6,67%) siswa sangat aktif. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi 2 orang (6,67%) siswa tidak aktif, 3 orang (10%) siswa belum aktif, 8 orang (26,67%) siswa cukup aktif, 14 orang (46,66%) siswa aktif dan 3 orang (10%) siswa sangat aktif.
Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Group Investigation dengan Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pemasaran siswa kelas X MK SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2013/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 008 |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Group Investigation; Student Facilitator; Explaining; Aktivitas Belajar Siswa, dan Hasil Belajar Pemasaran. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 04:22 |
Last Modified: | 27 May 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5500 |