DALIMUNTHE, ANANDA AZHARI (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Metode Computer Based Instruction berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Desain Grafis Kelas X SMK Swasta Istiqlal Delitua. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
5183351023_Cover.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
5183351023_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5183351023_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5183351023_Abstrak.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5183351023_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5183351023_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
5183351023_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5183351023_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
5183351023_BAB_I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5183351023_BAB_V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5183351023_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat
kelayakan dan tingkat efektivitas media pembelajaran dengan menggunakan
metode Computer-Based Instruction (CBI) pada mata pelajaran Desain Grafis
materi unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang,
tekstur, dan ruang yang dirancang.
Penelitian ini diselenggarakan di SMK Swasta Istiqlal Delitua, khususnya
pada kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Jumlah subjek
pengguna terdiri atas 34 siswa, di mana kegiatan penelitian dilakukan ketika
pelajaran produktif berlangsung. Pengujian yang dilakukan adalah uji kelayakan
dan uji efektivitas. Uji kelayakan diperoleh dari penilaian angket yang disebarkan
ke dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan pengguna (siswa). Sedangkan
uji efektivitas diambil dengan melakukan perbandingan nilai antara hasil belajar
siswa dalam kegiatan pre-test dan post-test untuk melihat apakah hasil belajar
mengalami peningkatan sesudah media disebarkan dan dikenalkan kepada siswa.
Dari Hasil temuan dan Kesimpulan didapatkan bahwa media pembelajaran
pada mata pelajaran Desain Grafis dengan metode Computer-Based Instruction
(CBI) yang dirancang memiliki tingkat Kelayakan “Sangat Layak” di dalam
domain konten materi dan domain media dengan penilaian 3,91 serta
mendapatkan nilai “Tingkat Akseptansi Tinggi” pada domain tingkat akseptansi
atau domain pengguna dengan skor penilaian 4.44. dengan memiliki n-gain rata
rata sebesar 0.70 Data Keseluruhan dari uji N-Gain memiliki kesimpulan hasil
sebesar 3% (1 orang) kategori rendah, 17% (6 orang) kategori Sedang, dan 80%
(28 orang) kategori Tinggi. Dengan didominasi oleh hasil efektivitas tinggi, maka
dapat dilihat dan disimpulkan secara keseluruhan produk media pembelajaran
yang dikembangkan memiliki hasil uji efektifitas kategori tinggi dan media sudah
terbukti efektif dalam uji coba penggunaannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Komputer; Computer Based Instruction |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:07 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54959 |