Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK PAB 1 Helvetia

NADEAK, ALFON JOHANES HASIHOLAN (2023) Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK PAB 1 Helvetia. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 5173321004_Cover.pdf]
Preview
Text
5173321004_Cover.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5173321004_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
5173321004_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of 5173321004_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
5173321004_Kata_Pengantar.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 5173321004_Abstrak.pdf]
Preview
Text
5173321004_Abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5173321004_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
5173321004_Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5173321004_Daftar_Tabel.pdf]
Preview
Text
5173321004_Daftar_Tabel.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 5173321004_Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
5173321004_Daftar_Gambar.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 5173321004_Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
5173321004_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 5173321004_BAB_I.pdf]
Preview
Text
5173321004_BAB_I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 5173321004_BAB_V.pdf]
Preview
Text
5173321004_BAB_V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 5173321004_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
5173321004_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran
berupa media pembelajaran untuk menggambar teknik pada mata pelajaran
proyeksi ortogonal di SMK Swasta PAB 1 Helvetia yang dapat digunakan untuk
mendukung pembelajaran sehingga dapat membantu guru dalam menyampaikan
materi pelajaran, (2) untuk mengetahui kelayakan dan tingkat efektivitas media
pembelajaran dalam proses pembelajaran metode pengembangan dalam penelitian
ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikombinasikan dengan
model pengembangan Dick & Carey. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
persentase kelayakan (1) penilaian dari validasi materi sebesar 4,17 dengan
kriteria sangat layak, (2) penilaian dari validasi ahli media sebesar 4,58 dengan
kriteria sangat layak (3) penilaian dari validasi ahli desain sebesar 4.27 dengan
kriteria sangat layak. (4)hasil penilaian dari siswa melalui angket pengguna
dengan uji coba one to one mendapatkan rata rata skor 4,10 dengan kriteria sangat
layak, uji coba skala kecil mendapatkan rata rata skor 4,13 dengan kriteria sangat
layak dan uji coba skala besar mendapatkan rata rata skor 4,19 dengan kriteria
sangat layak dan (5) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum
menggunakan produk multimedia rata rata nilai hasil belajar siswa yang diukur
melalui pengujian pre-test adalah 68,41 dan setelah menggunakan produk
multimedia rata rata nilai hasil belajar siswa yang diukur melalui pengujian post
test adalah 82,17. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa
mengalami peningkatan setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan produk
media pembelajaran sebesar 13,77 atau 20,13% dengan tingkat ketuntasan sebesar
90% yang menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan layak dan efektif
digunakan sebagai media pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media; Multimedia Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:51
Last Modified: 19 Mar 2024 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54947

Actions (login required)

View Item
View Item