Siahaan, Meianti Hartina (2015) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7113341040_COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 7113341040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
4. NIM. 7113341040 _ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
3. NIM. 7113341040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 71113341040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
6. NIM. 7111341040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7113341040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7113341040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7113341040_BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM. 7113341040_BAB V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 71113341040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya pengetahuan internet dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar terhadap prestasibelajar ekonomi siswa kelas X Di SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan dengan jumlah 454 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan sampel 113 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 20 butir, kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,653 untuk variable penggunaan internet sebagai media belajar dan 0,791 untuk variable motivasi belajar. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, ujireliabilitas, analisis regresi linier berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu,Y=18,638+0,478X1+0,421X2. Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,479 atau 48%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. 2)Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi.
Kepada pihak sekolah terutama guru diharapkan mampu menggunakan internet sebagai media belajar dan menyelesaikan setiap topik pelajaran dengan media belajar yang digunakan yaitu internet. Orang tua diharapkan juga mampu memperhatikan dan memberikan motivasi kepada anaknya untuk meningkatkan motivasi belajar dengan tujuan mencapai prestasi belajar yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 002 |
Keywords: | Penggunaan Internet;Media Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajarekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 03:49 |
Last Modified: | 27 May 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5493 |