Handayani,, Reni (2015) PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7113141011 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 7113141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
3. NIM 7112141021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM 7112141021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM 7112141021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 7112141021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM 7112141021 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 7112141021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 7112141021 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
13. NIM 7112141021 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 7112141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP yang berjumlah 37 orang dan XI AP berjumlah 29 orang dan sampel berjumlah 66 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penggunaan sumber belajar dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untik variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan tekni korelasi product moment. Reabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji f.
Setelah uji validitas untuk variabel X1 dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 30 instrument hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reabilitas angket diperoleh 0,907 > 0,396 (r11 > rtabel) untuk penggunaan sumber belajar dan 0,907 > 0,396 (r11 >rtabel) untuk motivasi belajar. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 28,540 + 0,218X1 + 0,533X2. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar sebesar 5,655 dan untuk uji f diperoleh Fhitung sebesar 20,081 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5% sebesar 3,14 berarti Fhitung > Ftabel (5,655 > 3,14) maka hipotesis Ha3 diterima atau ada pengaruh positif antara penggunaan sumber belajar siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 001 |
Keywords: | Penggunaan Sumber Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 03:21 |
Last Modified: | 27 May 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5488 |