Sekali, Boni Panta K (2015) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PAB 2 HELVETIA T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 709141021 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 709141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (887kB) | Preview
4. NIM 709141021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3. NIM 709141021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
5. NIM 709141021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
6. NIM 709141021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
7. NIM 709141021 TABLES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM 709141021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9. NIM 709141021 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (838kB) | Preview
13. NIM 709141021 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM 709141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X AP SMK PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Jln. Veteran Psr. IV Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Waktu penelitian yaitu pada semester ganjil T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PAB 2 Helvetia Medan yang berjumlah 121 orang dan sampel sebanyak 42 orang yang diambil secara acak terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X AP1, kelas X AP2 dan kelas X AP3. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil analisis yang diperoleh untuk variasi gaya mengajar guru (X1) dengan hasil belajar (Y) diperoleh nilai thitung = 5,151 ; ttabel = 2,021, artinya thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh untuk motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) diperoleh nilai thitung = 4,666 ; ttabel = 2,021, artinya thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 44,400, koefisien regresi variasi gaya mengajar guru (X1) sebesar 0,270 dan koefisien regresi motivasi belajar (X2) sebesar 0,294. Untuk menguji hipotesis variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung = 20,665 ; Ftabel = 3,24, artinya Fhitung lebih besar dari Ftabel. Hal ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 51,50%, menunjukkan bahwa variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan hubungan dengan hasil belajar siswa sebesar 51,50% dan sisanya berhubungan dengan faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X AP SMK PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 008 |
Keywords: | Variasi Gaya Mengajar Guru; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 02:23 |
Last Modified: | 27 May 2016 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5485 |