Simbolon, Fatmala Yanti (2022) Pengembangan Media Diorama Siklus Air Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD IT Anunurillah Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153111023_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 1153111023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM. 1153111023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 1153111023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM. 1153111023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 1153111023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1153111023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1153111023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1153111023_BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM. 1153111023_BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM. 1153111023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan melihat kelayakan
pengembangan media diorama siklus air pada mata pelajaran IPA Kelas V SD IT
Anunurillah Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang tahun ajaran
2021/2022.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
(Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti
yaitu menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Proses
pengembangan media diorama siklus air dapat dilakukan menjadi tiga tahapan.
Tahapan pertama yaitu tahap pendefenisian (define), pada tahap ini dilakukan
observasi dan wawancara pada pembelajaran IPA di kela V SD IT Anunurillah
dan terindentifikasi permasalahan dalam pembelajaran IPA di kelas V. Tahap
kedua yaitu tahap perencanaan (design), yaitu dilakukan dengan pemilihan media
dan desain awal media. Media yang dipilih merupakan media diorama siklus air
yang dapat menggambarkan proses terjadinya siklus air. Tahap yang ketiga adalah
tahap pengembangan (develop), yang dilakukan dengan validasi media oleh ahli
media dan ahli materi, kemudian dilakukann uji coba media pada siswa untuk
melihat respon atau tanggapan siswa terhadap media yang digunakan saat
pembelajaran. Pengembangan media dioramas siklus air yang dikembangkan oleh
peneliti sudah layak digunakan untuk siswa kelas V SD IT Anunurillah. Hal ini
dapat dilihat dari penilaian aspek media dengan memperoleh nilai rata-rata
sebesar 92,5% dengan kriteria Sangat Layak. Sedangkan, untuk penilaian aspek
materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 90% dengan kriteria Sangat Layak.
Kelayakan dan efektivitas media diorama siklus air yaitu dari segi proses
pembuatan, tampilan dan manfaat nya bagi proses pembelajaran siswa, sehingga
dapat berguna bagi peningkatan hasil belajar para siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-033 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Diorama; Siklus Air; Pengembangan; IPA |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB651 Hydrology. Water L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 07:06 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54817 |