Pohan, Mawaddah Fitria (2015) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA PAB-3 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7111141010 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2.NIM 7111141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
4.NIM 7111141010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3.NIM 7111141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5..NIM 7111141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
6.NIM 7111141010 TABLES.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
7.NIM 7111141010 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8.NIM 7111141010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
9.NIM 7111141010 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
13.NIM 7111141010 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
14.NIM 7111141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI AP SMK Swasta PAB-3 Medan pada mata pelajaran KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI AP SMK Swasta PAB-3 Medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB-3 Medan Tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Swasta PAB-3 Medan yang berjumlah 42 orang dan sampel sebanyak 42 orang yang diambil secara total sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu AP1 dan AP2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil analisis yang diperoleh untuk pengaruh kemandirian belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (5,373 > 2,021), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh untuk pengaruh fasilitas belajar di rumah (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (4,018 > 2,021), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 43,950, koefisien regresi kemandirian belajar (X1) sebesar 0,315 dan koefisien regresi fasilitas belajar di rumah (X2) sebesar 0,233. Untuk menguji hipotesis kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (20,370 > 3,24), menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 51,10%, menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 51,10% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan secara simultan antara kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI AP SMK Swasta PAB-3 Medan T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 002 |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Fasilitas Belajar di Rumah; Prestasi Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2016 10:17 |
Last Modified: | 26 May 2016 10:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5480 |