Zai, Dwi Adelin Septiana (2023) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizizz Pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111101_COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 1183111101_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. NIM. 1183111101_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 1183111101_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM. 1183111101_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 1183111101_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
13. NIM. 1183111101_BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 1183111101_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1183111101_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 1183111101_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183111101_BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
Abstract
Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses yang sistematis, berkelanjutan dan
menyeluruh untuk menetapkan dan mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah
berhasil dicapai. Kegiatan evaluasi dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik.
Kegiatan evaluasi yang dilakukan menggunakan metode tes tertulis berupa paper
test (kertas). Hal ini kurang menarik minat peserta didik untuk mengerjakannya.
Sehingga dibutuhkan alat evaluasi pembelajaran yang dapat menarik minat siswa
dan dapat menerapkan teknologi dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan alat evaluasi
pembelajaran berbasis Quizizz. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan
pengembangan dengan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data diperoleh dari respon guru
dan siswa kelas VB SD Negeri 106811 Bandar Setia dan validator ahli evaluasi
dan desain. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pengembangan alat evaluasi
melalui lima tahap, yaitu tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan,
impelementasi dan evaluasi. (2) berdasarkan hasil uji validasi ahli diperoleh hasil
96% dengan kategori sangat valid oleh validator ahli desain dan 94% dengan
kategori sangat valid oleh validator ahli evaluasi. (3) tingkat kepraktisan yang
didapat dari praktisi pendidikan 95,5% dengan kategori sangat praktis dan dari
siswa kelas VB 91% dengan kategori sangat praktis. (4) tingkat keefektifan
didapat dari hasil evaluasi dan nilai rata-rata ketuntasan sebesar 87,5 dengan
ketuntasan klasikal 95%. Dengan ini menyatakan alat evaluasi yang
dikembangakan dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-035 |
Keywords: | Pengembangan, Alat Evaluasi, Quizizz |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 04:26 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54798 |