Hendro, Putri Herdina (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PAB-3 ESTATE MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7113141082 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM. 7113141082 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
3. NIM. 7113141082 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 7113141082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 7113141082 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. NIM. 7113141082 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 7113141082 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM. 7113141082 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM. 7113141082 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 7113141082 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM. 7113141082 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi pelajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Guru dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Administrasi Perkantoran SMK PAB-3 Estate Medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB-3 Medan Tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PAB-3 Medan yang berjumlah 42 orang dan sampel sebanyak 42 orang yang diambil secara total sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu AP1 dan AP2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil analisis yang diperoleh untuk pengaruh metode pembelajaran guru (X1) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (5,276 > 2,021), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis yang diperoleh untuk pengaruh kemandirian belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (4,160 > 2,021), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 32,405, koefisien regresi metode pembelajaran guru (X1) sebesar 0,462 dan koefisien regresi kemandirian belajar (X2) sebesar 0,236. Untuk menguji hipotesis metode pembelajaran guru dan kemandirian belajar secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (18,445 > 3,24), menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara metode pembelajaran guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 48,60%, menunjukkan bahwa metode pembelajaran guru dan kemandirian belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 48,60% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan secara simultan antara Metode Pembelajaran Guru dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Administrasi Perkantoran SMK PAB-3 Estate T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 003 |
Keywords: | Metode Pembelajaran Guru; Kemandirian Belajar; Prestasi Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2016 10:02 |
Last Modified: | 26 May 2016 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5478 |