Siregar, Devi Anriani (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA SMA INOVATIF DAN TERINTEGRASI KARAKTER PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN TABEL PERIODIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.
8136141002 Judul.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
8136141002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8136141002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
8136141002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8136141002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
8136141002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8136141002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8136141002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8136141002 Bab I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8136141002 Bab V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8136141002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar inovatif terintegrasi karakter pada pokok bahasan struktur atom dan tabel periodik berdasarkan kurikulum 2013. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan struktur atom dan tabel periodik. Sampel yang digunakan adalah bahan ajar yang telah dikembangkan dan 40 siswa SMA/MA kelas X di kota Medan. Bahan ajar penerbit A dan B pokok bahasan struktur atom dan tabel periodik dianalisa terlebih dahulu menggunakan format kurikulum 2013. Dari hasil analisa diperoleh rerata A (2,34) sebagian perlu direvisi, B (2,35) sebagian perlu direvisi. Berdasarkan hasil analisa tersebut dilakukan pengembangan bahan ajar. Penilaian pada bahan ajar yang telah dikembangkan dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan format kurikulum 2013 dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Hasil analisa berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh nilai rerata 3,24 (cukup valid) artinya tidak perlu revisi. Hasil analisa berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 3,25 (cukup valid) artinya tidak perlu revisi, kelayakan bahasa 3,44 (valid) artinya tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 3,48 (valid) artinya tidak perlu revisi. Isi bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa dilakukan dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberi bahan ajar yang telah dikembangkan, sedangkan kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang dibawanya. Setelah masing-masing siswa membaca bahan ajar, berikutnya dilakukan tes. Berdasarkan hasil tes terlihat bahwa nilai rerata siswa kelas eksperimen 88,50 lebih tinggi dibandingkan nilai rerata siswa kelas kontrol yaitu 80,75.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.24 Sir p |
Keywords: | Buku ajar; Bahan ajar; Penelitian dan pengembangan; KUrikulum; Pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 May 2016 08:28 |
Last Modified: | 26 May 2016 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5472 |