Perangin-angin,, Feby Yona Br (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA BERBASIS APLIKASI KINEMASTER PADA USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4181151010 COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
2. 4181151010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 4181151010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. 4181151010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. 4181151010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. 4181151010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7. 4181151010 TABLES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. 4181151010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
9. 4181151010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
13. 4181151010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
14. 4181151010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah video yang dikembangkan menggunakan aplikasi KineMaster layak dan efektif dalam pembelajaran IPA pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development)
dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan desain penelitian One group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 35 siswa yaitu kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kabanjahe yang dipilih secara random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi materi, angket validasi media, angket angket respon guru, angket respon siswa, dan soal Pretest dan Posttest yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest 61,6 dan posttest sebesar 87,9 yang menyatakan data efektif. Berdasarkan validasi ahli media, ahli materi media layak digunakan, respon siswa dan guru sangat baik dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dapat terlihat dari perhitungan N-gain yaitu 0,68 kategori tinggi. Media yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai
alternatif oleh guru dalam kegiatan pembelajaran dan dapat dijadikan pedoman bagi guru dan peneliti lain, dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; video; Kinemaster |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 04:13 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54706 |