Hisan, Rahmi Khairatul (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF IKATAN KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.
8136142017 Judul.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8136142017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8136142017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
8136142017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
8136142017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
8136142017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8136142017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8136142017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8136142017 Bab I.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8136142017 Bab V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
8136142017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar inovatif terintegrasi pendidikan karakter pada pokok bahasan ikatan kimia berdasarkan kurikulum 2013. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan ikatan kimia. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas X di kota Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Bahan ajar penerbit A dan B dianalisis berdasarkan kurikulum 2013 oleh dosen dan guru. Hasil analisis bahan ajar penerbit A berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rerata 2,35. Sedangkan, bahan ajar penerbit B diperoleh rerata 2,38. Bahan ajar yang telah dikembangkan dinilai oleh dosen dan guru. Penilaian dilakukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan kurikulum 2013 dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Hasil analisis berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rerata sebesar 3,41 adalah valid artinya sangat layak digunakan dan tidak perlu revisi. Hasil analisis berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 3,42 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan bahasa 3,39 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 3,45 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa dilakukan dengan pembelajaran remedial menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberikan bahan ajar yang telah dikembangkan, sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang dibawanya. Setelah masing-masing siswa membaca bahan ajar, dilakukan tes. Berdasarkan hasil tes diperoleh rerata siswa kelas eksperimen (86,5) lebih tinggi dibandingkan rerata siswa kelas kontrol (74,5).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 His p |
Keywords: | Kurikulum; Bahan ajar; Pendidikan karkater; Mata pelajaran kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 May 2016 08:10 |
Last Modified: | 26 May 2016 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5470 |