Hasibuan, Iin Sundari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGAR MERBAU T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4112111009 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2 NIM 4112111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3 NIM 4112111009 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4 NIM 4112111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5 NIM 4112111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6 NIM 4112111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7 NIM 4112111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8 NIM 4112111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4112111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10 NIM 4112111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
14 NIM 4112111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
15 NIM 4112111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 1 Pagar Merbau Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pagar Merbau dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A kelas VIII-B sebanyak 61 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Data yang digunakan adalah tes PAM yang diambil dari 15 butir soal UN Sekolah Dasar dan tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak 4 soal yang sebelumnya telah diujicobakan untuk melihat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda tes. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas tes menggunakan uji F.
Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) adalah 64,37 dengan simpangan baku 9,47 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran langsung adalah 45,38 simpangan baku 7,05. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung=8,865 dan t_tabel=2,001. Ternyata t_hitung>t_tabel, sehingga H_o ditolak dan H_a diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar model Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa khususnya pada materi teorema Phytagoras.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 048 |
Keywords: | Model Pemblajaran; Elemen dan Karakteristik; Teorema Phytagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2016 01:40 |
Last Modified: | 26 May 2016 01:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5460 |