PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PAGAR MERBAU T.A. 2015/2016

Tarigan, Alfreda Ariella (2016) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PAGAR MERBAU T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4113311001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4113311001 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4113311001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4113311001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4113311001 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4113311001 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4113311001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4113311001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4113311001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4113311001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4113311001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4113311001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4113311001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4113311001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4113311001 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4113311001 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4113311001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4113311001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4113311001 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4113311001 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4113311001 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4113311001 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4113311001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4113311001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII di SMP Negeri 1 Pagar Merbau T.A. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 yang banyak siswanya 34 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran metode penemuan terbimbing pada materi bilangan bulat di SMP Negeri 1 Pagar Merbau T.A. 2015/2016. Instrumen penilaian pada penelitian ini adalah lembar observasi guru, wawancara, dan tes hasil belajar.
Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan disetiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data tes diagnostik diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 9 dari 34 siswa atau 26,47 % dengan rata-rata kelas 53,82. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 dari 34 siswa atau 64,71% dengan rata-rata kelas 71,15. Hasil analisis data pada siklus II dengan pembelajaran yang sama dan menggunakan LAS dan penggunaan 3 cara penyampaian atau penyajian materi pelajaran menurut Bruner diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 29 dari 34 siswa atau 85,29% dengan rata-rata kelas 76,62. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi bilangan bulat sehingga pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan kepada guru adalah agar hendaknya lebih sering menggunakan metode penemuan terbimbing pada proses pembelajaran agar hasil belajar siswa semakin meningkat dan agar siswa terbiasa mencari dan menemukan sendiri jawaban atas permasalahan yang dipertanyakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2016 MAT 046
Keywords: Penemuan Terbilang; Metode Mengajar;Hitung Bilangan Bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 May 2016 01:32
Last Modified: 26 May 2016 01:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5459

Actions (login required)

View Item
View Item