Rahayu, Krisna (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL STEM BERBASIS CASE METHOD PADA MATERI KARBON DAN SILIKON. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 4192431019 COVER.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
2. 4192431019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. 4192431019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. 4192431019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. 4192431019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. 4192431019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. 4192431019 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. 4192431019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
9. 4192431019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. 4192431019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. 4192431019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Sains, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) adalah solusi pembelajaran alternatif untuk abad ke-21. Kemajuan teknologi membuat media pendidikan mengalami perubahan, yaitu dengan penggunaan media soft copy berupa modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan karakteristik e-modul STEM berbasis case method pada materi karbon dan silikon; (2) Menentukan validitas e-modul STEM berbasis case method pada materi karbon dan silikon; (3) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap e-modul STEM berbasis case method pada materi karbon dan silikon; (4) Mendeskripsikan respon guru kimia terhadap e-modul STEM berbasis case method pada materi karbon dan silikon. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu tiga dosen kimia Unimed, satu dosen ilmu komputer, satu dosen PTIK, dan dua guru kimia di SMA Negeri 1 Kisaran, serta respon oleh 36 orang peserta didik di kelas XII IPA 5. Model pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, angket analisis kebutuhan, lembar analisis bahan ajar, lembar validasi e-modul berdasarkan BSNP, angket respon peserta didik, dan angket respon guru kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) E-Modul yang dikembangkan memiliki karakteristik terintegrasi STEM, case method dan memuat fitur yang menarik; (2) E-Modul STEM berbasis case method pada materi karbon dan silikon dinyatakan “sangat valid” dengan persentase rata-rata ahli materi sebesar 93,17% dan ahli media sebesar 94,39%; (3) Respon peserta didik kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Kisaran terhadap e-modul yang dikembangkan yaitu dikategorikan “sangat praktis” dengan persentase rata-rata 87,54%; (4) Respon guru kimia terhadap e-modul yang dikembangkan yaitu dikategorikan “sangat praktis” dengan persentase rata-rata 97,39%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul, STEM, Case Method, Karbon, Silikon. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 06:59 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54385 |