PEMETAAN SIKAP MEMBACA SISWA SMA: STRATEGI PENGUASAAN INFORMASI

Mustika, Tria Putri (2024) PEMETAAN SIKAP MEMBACA SISWA SMA: STRATEGI PENGUASAAN INFORMASI. In: Mewujudkan Insan Berbahasa dan Bersastra Melalui Semangat Kepahlawanan. CV. FATIH DIGITAMA INDONESIA, Binjai, Sumatera Utara, pp. 102-112.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis sikap membaca siswa SMA dalam rangka mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan penguasaan informasi melalui membaca. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif. sumber data adalah para siswa di jenjang SMA dengan sampel terbatas. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket. Analisis data dilakukan dengan mengamati butir-butir yang menjadi keputusan sikap siswa yang berkaitan dengan membaca. Proses analisis diperkuat dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan urutan sikap membaca siswa dari tertinggi ke terendah, yaitu: mengamati judul sumber bacaan sebelum membaca, mencari lingkungan yang aman, mencari teman membaca, membantu teman dalam memahami bacaan, mencari informasi terkait dengan manfaat membaca teks, membaca bacaan apa saja, memotivasi diri, bertanya dengan teman atau guru jika tidak paham, berupaya mengerjakan tugas, memanfaatkan waktu luang dengan membaca, dan menempatkan prinsip wajib membaca. Semua sikap yang dilakukan siswa memiliki dampak yang positif untuk memperkuat keterampilan membaca dan pada akhirnya dapat memperluas wawasan dan informasi.

Item Type: Book Section
Keywords: pemetaan, sikap membaca, siswa, penguasaan informasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:50
Last Modified: 12 Feb 2024 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54338

Actions (login required)

View Item
View Item