PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 6 MADIUN

Anita Galih, Ifana and Suharto, Teguh and Suryatmoko, Agus (2024) PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 6 MADIUN. In: Mewujudkan Insan Berbahasa dan Bersastra Melalui Semangat Kepahlawanan. CV. FATIH DIGITAMA INDONESIA, Binjai, Sumatera Utara, pp. 62-72.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam kurikulum ini menekankan pada adanya kegiatan kokurikuler yang menunjang pembelajaran intrakulikuler supaya peserta didik dapat lebih aktif dan interaktif dalam kegiatan pembelajaran. Dalam kurikulum merdeka, pembelajaran bahasa Indonesia dianggap sebagai modal dasar karena berfokus pada pengembangan kepercayaan diri sebagai komunikator, kemampuan literasi berbahasa, berpikir kritis, kreatif, dan imajinatif yang berguna bagi peserta didik ketika terjun ke dalam masyarakat.Contohnya seperti yang telah diterapkan di SMA N 6 Madiun, pendidik menggunakan media berbasis teknologi yaitu Instagram. Artikel ini bertujuan untuk melihat kesesuaian penggunaan Instagram dalam proses pembelajaran, keunggulan dan kelemahan Instagram sebagai media pembelajaran di kelas.

Item Type: Book Section
Keywords: kurikulum merdeka; pembelajaran bahasa Indonesia; media pembelajaran; Instagram
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:32
Last Modified: 12 Feb 2024 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54334

Actions (login required)

View Item
View Item