Ananta, Salsabillah Indah (2024) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TEKS BIOGRAFI KI HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA. In: Mewujudkan Insan Berbahasa dan Bersastra Melalui Semangat Kepahlawanan. CV. FATIH DIGITAMA INDONESIA, Binjai, Sumatera Utara, pp. 52-61.
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang nilai pendidikan karakter dalam teks biografi pahlawan: Ki Hajar Dewantara sebagai bahan ajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam teks biografi pah lawan : Ki Hajar Dewantara yang dapat digunakan sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Indon esia. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode deskriptif . Subjek penelitian ini adalah teks biografi pahlawan:Ki Hajar Dewantara. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan cara (1) Membaca teks biografi tokoh pahlawan:Ki Hajar Dewantara, (2) Mengelompokkan data berdasarkan karakter tokoh, (3) Menganalisis karakter tokoh yang terdapat dalam teks biografi tokoh pahlawan:Ki Hajar Dewantara, dan memberikan pemaparan untuk menggambarkan karakter tokoh. (4) Menyimpulkan hasil analisis karakter tokoh teks biografi tokoh pahlawan: Ki Hajar Dewantara dan relevansinya sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Keywords: | Nilai, Pahlawan, Relevan |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LA History of education > LA2301 Biography L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P327 Lexicography |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 03:28 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54333 |