RAMADANA, AHMAD (2022) Pengembangan E-Book Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pokok Usaha & Energi Kelas X Semester Genap di SMA N 3 Binjai T. A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4183321017 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 4183321017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (914kB) | Preview
3. NIM. 4183321017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 4183321017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 4183321017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 4183321017 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 4183321017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM. 4183321017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM. 4183321017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM. 4183321017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM. 4183321017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran e-book fisika berbasis problem based learning (PBL) menggunakan flip pdf profesional pada materi Usaha & Energi dan untuk menguji kelayakan media e-book yang dikembangkan
melalui validasi para Ahli serta mengetahui kemenarikan respon guru dan peserta didik. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model siklus 4-D Thiagaraja (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap develop melibatkan dua validator untuk menilai kelayakan materi dan media. Tahap Disseminate melibatkan 31 peserta didik (di SMA N 3, Binjai). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan analisis data deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Variabel uji kelayakan e-book sebagai media pembelajaran oleh ahli media, skor rata-rata keseluruhan sebesar 100% dan oleh ahli materi, skor rata-rata keseluruhan sebesar 98% yang tergolong pada kategori tinggi, artinya e-book yang dikembangkan dengan flip pdf profesional sudah sangat layak untuk digunakan. (2) Variabel keefektifan memiliki skor rata-rata keseluruhan sebesar 90,93% yang tergolong pada kategori sangat efektif, artinya e-book tersebut cukup efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan nilai pembelajaran fisika materi Usaha & Energi. (3) Hasil respon guru fisika di SMA N 3 BINJAI terhadap e-book dengan skor
rata-rata keseluruhan 88,2% dengan kriteria Layak dan Uji coba produk kepada peserta didik untuk memberi respon terhadap e-book dengan skor rata-rata keseluruhan 86% dengan kriteria Layak, dapat disimpulkan bahwa e-book tersebut
mendapatkan respon yang bagus dari guru dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Digital Book, flip pdf profesional, Usaha & Energi. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 04:38 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54318 |