RAMADANA, AHMAD (2022) Pengembangan E-Book Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pokok Usaha & Energi Kelas X Semester Genap di SMA N 3 Binjai T. A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4183321017 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 4183321017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (914kB) | Preview
3. NIM. 4183321017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 4183321017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 4183321017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 4183321017 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 4183321017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM. 4183321017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM. 4183321017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
10. NIM. 4183321017 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (266kB)
11. NIM. 4183321017 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (278kB)
12. NIM. 4183321017 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (570kB)
13. NIM. 4183321017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM. 4183321017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
15. NIM. 4183321017 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (450kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran e-book fisika berbasis problem based learning (PBL) menggunakan flip pdf profesional pada materi Usaha & Energi dan untuk menguji kelayakan media e-book yang dikembangkan
melalui validasi para Ahli serta mengetahui kemenarikan respon guru dan peserta didik. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model siklus 4-D Thiagaraja (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap develop melibatkan dua validator untuk menilai kelayakan materi dan media. Tahap Disseminate melibatkan 31 peserta didik (di SMA N 3, Binjai). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan analisis data deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Variabel uji kelayakan e-book sebagai media pembelajaran oleh ahli media, skor rata-rata keseluruhan sebesar 100% dan oleh ahli materi, skor rata-rata keseluruhan sebesar 98% yang tergolong pada kategori tinggi, artinya e-book yang dikembangkan dengan flip pdf profesional sudah sangat layak untuk digunakan. (2) Variabel keefektifan memiliki skor rata-rata keseluruhan sebesar 90,93% yang tergolong pada kategori sangat efektif, artinya e-book tersebut cukup efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan nilai pembelajaran fisika materi Usaha & Energi. (3) Hasil respon guru fisika di SMA N 3 BINJAI terhadap e-book dengan skor
rata-rata keseluruhan 88,2% dengan kriteria Layak dan Uji coba produk kepada peserta didik untuk memberi respon terhadap e-book dengan skor rata-rata keseluruhan 86% dengan kriteria Layak, dapat disimpulkan bahwa e-book tersebut
mendapatkan respon yang bagus dari guru dan peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Digital Book, flip pdf profesional, Usaha & Energi. |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
| Date Deposited: | 07 Feb 2024 04:38 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 02:28 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54318 |
