Sitangging, Monica Br. (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEMBASED LEARNING PADAMATERI KEANEKARAGAMAN HAYATIDI KELAS X IPA SMA N 1 BATANG KUIS T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4183141059 COVER.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
2. NIM 4183141059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. NIM 4183141059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. NIM 4183141059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. NIM 4183141059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. NIM 4183141059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. NIM 4183141059 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. NIM 4183141059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. NIM 4183141059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. NIM 4183141059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai bahan ajar pada materi Keanekaragaman Hayati kelas X IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 yang
berjumlah 36 orang. Penilaian kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli desain dan ahli pembelajaran serta hasil uji lapangan untuk memperoleh respon guru bidang studi biologi dan siswa. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan 4-D menurut Thiagrajan yang terdiri atas 4 tahap, yakni tahap perencanaan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate) yang dibatasi dengan uji lapangan terbatas dan penyebaran terbatas untuk melihat ketuntasan belajar klasikal siswa dan efektivitas lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli materi diperoleh sebanyak 92% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli desain diperoleh sebanyak 85% dengan kriteria sangat layak dan validasi ahli pembelajaran diperoleh sebanyak 96% dengan
kriteria sangat layak. Berdasarkan respon guru bidang studi biologi terhadap LKPD dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan diperoleh sebanyak 92% dengan kriteria sangat layak dan respon siswa diperoleh sebanyak 93% dengan kriteria sangat layak. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada penyebaran terbatas diperoleh sebanyak 91% serta nilai N-Gain diperoleh skor rata-rata sebanyak 0,73 dengan kriteria tinggi, sehingga lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning layak dan efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, LKPD, Problem Based Learning, Keanekaragaman Hayati dan Ketuntasan Belajar Klasikal. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 02:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54306 |