Hasibuan, Ratu Mashlihan (2023) EFFECT OF USING LEARNING VIDEO AND KAHOOT! BASED ON QR CODE ON THE INTEREST AND LEARNING OUTCOMES OF RESPIRATORY SYSTEM MATERIAL IN CLASS XI IPA MAN 3 LANGKAT A.Y 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. IDN. 4181141023 COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2.IDN. 4181141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. IDN. 4181141023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. IDN. 4181141023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. IDN. 4181141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
6. IDN. 4181141023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. IDN. 4181141023 TABLES.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
8. IDN. 4181141023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
9. IDN. 4181141023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
13. IDN. 4181141023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14. IDN. 4181141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran dan Kahoot! berbasis QR Code terhadap minat dan hasil belajar siswa serta mengetahui respon siswa terhadap penggunaan video pembelajaran dan Kahoot! berbasis QR Code di kelas XI IPA MAN 3 Langkat T.P 2021/2022. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif yang menggunakan disain Post-test Only Control Group Design dengan model pembelajaran Discovery Learning. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yang menunjukkan bahwa XI IPA 4 menjadi kelas eksperimen
dan XI IPA 5 menjadi kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan video pembelajaran dan Kahoot! berbasis QR Code telah memenuhi kriteria sangat efektif dengan nilai sebesar 85.62%. Hasil minat belajar siswa terhadap penggunaan video pembelajaran dan Kahoot! berbasis QR Code memiliki nilai 82.59% yang memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh nlai rata-rata sebesar 75, sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 63.43. Berdasarkan uji hipotesis Ttest diperoleh bahwa penggunaan video pembelajaran dan Kahoot! berbasis QR
Code memiliki pengaruh dalam hasil belajar kelas XI IPA MAN 3 Langkat T.P 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | QR Code, Video Pembelajaran, Kahoot!, Minat, Hasil Belajar, Sisem Pernapasan. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 07:17 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54285 |