Nisa, Fitri Ainun (2022) Pengembangan Modul Elektronik Pada Materi Perkembangan Kolonialisme Dan Imperialisme Eropa Kelas XI Di SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3181121005 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 3181121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
3. NIM. 3181121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM. 3181121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM. 3181121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM. 3181121005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM. 3181121005 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 3181121005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. NIM. 3181121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13.NIM. 3181121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14.NIM. 3181121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berbentuk modul elektronik pada materi Perkembangan Kolonialisme Dan Imperialisme Eropa. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan / Research And Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Untuk mengetahui kelayakan produk modul elektronik menggunakan angket penilaian ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Modul elektronik dinyatakan digunakan sebagai bahan ajar disekolah dengan penilaian rata-rata skor ahli materi sebesar 95,83% dan penilaian rata-rata skor ahli media sebesar 96%, penilaian rata-rata skor uji coba kelompok kecil sebesar 90,42%. Pengujian yang dilakukan oleh siswa sebagai pengguna sebesar 90,53% sehingga kelayakan modul elektronik yang dikembangkan dinyatakan “sangat layak”. Uji efektivitas dilakukan dengan tes soal pilihan ganda pretest dan post-test. Hasil nilai rata-rata peserta didik sebelum media diimplementasikan
(pre-test) yaitu 60,3 dan hasil nilai rata-rata peserta didik sesudah media diimplementasikan (post-test) yaitu 84,3. Dengan demikian Modul Elektronik pada materi perkembangan kolonialisme dan imperialisme eropa dinyatakan efektif diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas XI SMA Negeri 4 Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul Elektronik; Perkembangan Kolonialisme; Imperialisme Eropa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 05 May 2024 19:23 |
Last Modified: | 05 May 2024 19:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54239 |