Barutu, Zeny Afriska (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO KIMIA BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT(CET) PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193131016 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 4193131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM 4193131016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM 4193131016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM 4193131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. NIM 4193131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 4193131016 TABLES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM 4193131016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
9. NIM 4193131016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
13. NIM 4193131016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
14. NIM 4193131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media ludo kimia berbasis chemo-edutainment (CET) pada materi termokimia untuk siswa kelas XI. Pada penelitian ini digunakan model
pengembangan ADDIE yang dimodifikasi dimana hanya dilakukan tahap analisis (analysis), desain (design) dan pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang dilaksanakan selama 5 bulan. Kelayakan media dilihat melalui angket kelayakan ahli media dan ahli materi
dengan skala likert 1 sampai 5. Validitas media ludo kimia didapatkan dari hasil validasi dosen dan guru, sedangkan penilaian responden terhadap media ini didapatkan dari hasil penilaian guru dan siswa. Hasil penelitian yang diperoleh
menunjukkan bahwa media ludo kimia yang dikembangkan sudah valid atau layak digunakan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media terhadap ludo kimia berturut-turut memperoleh persentase sebesar 87,30% dan 85,75% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi atau valid. Hasil penilaian responden terhadap media ludo kimia oleh 3 guru dengan persentase
rata-rata sebesar 86,94% dan 35 siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 86,00% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil validasi ahli dan penilaian responden dapat disimpulkan bahwa media ludo kimia ini sudah
layak untuk digunakan dalam pembelajaran termokimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Chemo-Edutainmet, Ludo Kimia, Model ADDIE. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:55 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54168 |